Kamis, 09 Februari 2012

Mari Bikin Air Terjun di Taman Kecil!


detail berita
Foto: Air terjun mini/ ideaonline.co.id
JAKARTA - Suara gemericik dan alunan air yang dihasilkan oleh air terjun dan water fountain seakan tidak pernah gagal menghibur penghuni rumah lantaran dibuai alunan alam. Karena itu, banyak orang menginginkan air terjun buatan atau water fountain hadir di halamannya.

Namun terkadang air terjun, terutama yang berbentuk tebing memerlukan area yang cukup luas. Untuk Anda yang hanya memiliki area kecil dan mungil, jangan berkecil hati. Ada air terjun artifisial bergaya minimalis, relief bebatuan, maupun bergaya etnis bali yang berukuran kecil, hanya sekira 2 meter persegi.

Air terjun buatan (artifiasial) bisa diletakkan di taman depan atau di dalam rumah, atau bisa juga diletakkan tanpa ditemani tanaman-tanaman hias. Demikian yang dikutip dari blog Arsitektur Architectaria, Kamis (9/2/2012).

Jika ingin meletakkannya di taman, letakkan di tembok atau sisi taman yang kosong untuk menghilangkan kesan sepi pada sisi tersebut.

Air terjun ini biasanya dilengkapi dengan kolam kecil di depannya. Anda bisa menambahkan ikan hias atau tanaman air agar penampilannya makin alami.

Sebaiknya tanaman air ditanam di dalam pot dan tidak langsung ditanam di dasar kolam. Hal ini untuk menjaga agar air kolam tidak menjadi keruh. Taburkan juga batu koral kecil di atas pot, untuk mencegah tanah larut oleh air.

Untuk sirkulasi air, air terjun biasanya dibuat berputar dengan menggunakan pompa air bertenaga listrik. Pompa dapat diletakkan di kolam atau disembunyikan di bawah konstruksi air terjun.

Namun, supaya tampak lebih indah, tentunya jika pompa musti disembunyikan di dalam konstruksi. Tapi, jika sulit melakukannya, pompa bisa juga disembunyikan di antara tanaman air.

Agar jatuhnya air nampak lebih alami, beberapa penjual air terjun menemukan ide menarik yang bisa ditiru. Salah satunya yaitu dengan menggunakan kaca di pinggir tiap undakan atau dengan membuat beberapa lubang di pipa paralon atas.


Sumber : www.property.okezone.com/mari-bikin-air-terjun-di-taman-kecil

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar