Kamis, 08 September 2011

Desain Interior Rumah Minimalis



Hingga kini kebutuhan desain interior rumah minimalis masih digemari masyarakat. Interior rumah yang didesain minimalis seperti ini menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat yang menginginkan penataan interior yang simpel namun fungsinya bisa maksimal. Desain interior minimalis juga menjadi solusi atas terbatasnya volume ruang, sehingga penataan dan fungsi ruang bisa dimaksimalkan.

Desain Interior Minimalis berkembang seiring dengan maraknya rumah bergaya minimalis dalam beberapa tahun belakangan ini, dengan menyesuaikan konsep rumah dan interiornya membuat rumah memiliki kesan yang menyatu.

Rumah dengan gaya modern minimalis membutuhkan sentuhan yang berbeda, terutama dalam hal perencanaan dan penataan interiornya. Ini penting agar kesan lapang masih tetap bisa dirasakan meskipun luas ruangan terbatas.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain interior rumah minimalis, yaitu :

  1. Konsep dari desain interior minimalis adalah sempurna, pas, dan tidak berlebihan. Karena itu, pilihlah bentuk aksesori ruangan yang bersih, tegas, tanpa profil, dan bentuk geometris yang minimal.
  2. Hindari penggunaan sekat ruangan yang permanen. Penggunaan sekat untuk memisahkan ruangan hanya akan menimbulkan kesan sempit. Jika memang terpaksa harus menggunakan sekat, pilihlah yang sifatnya temporer atau aksesori saja. Fungsinya hanya memisahkan antar ruangan dan bukan membatasi.
  3. Jika menyukai karpet, pilihlah yang warnanya solid namun tanpa motif. Corak seperti ini akan membuat ruangan terkesan lapang.
  4. Bagi yang ingin mempercantik ruangan dengan menambah aksesori berupa lukisan, pilihlah yang komposisi dan frame-nya simpel tanpa ukiran atau profil. Jangan terlalu banyak memasang lukisan karena akan membuat ruangan terasa sempit.
  5. Pilihan furnitur juga perlu diperhatikan. Sebaiknya pilih furnitur yang simpel tanpa profil dan ukiran dengan warna-warna gelap, seperti cokelat gelap.
  6. Pada ruang keluarga gunakan permainan warna cokelat atau serat-serat kayu. Model furniturnya juga yang simpel tanpa profil atau ukiran.
  7. Untuk kamar tidur, pilihkaan warna cerah untuk dinding. Jika ingin menggunakan aksen, pakai aksen yang biasanya ada di belakang headboard ranjang. Sedangkan jika menggunakan wallpaper, pilihlah model anyam-anyaman bambu atau dedaunan. Pilih tempat tidur yang modelnya simple dan sesuaikan dengan ukuran ruangan yang ada. Jangan pasang tempat tidur terlalu besar karena akan membuat ruang gerak terbatas.

Penataan interior rumah bercorak modern minimalis memang perlu dilakukan secara cermat. Sebab keterbatasan luas ruang yang ada akan membawa kesan sempit.

Jika Anda membutuhkan Jasa Desain Interior Rumah Anda, kami siap membantu, hubungi kami

Desain Interior Kamar Tidur

Sebelum kita mendesain interior kamar tidur, kita sendiri harus paham apa fungsi kamar tidur sebenarnya. Kamar tidur adalah tempat atau ruangan yang berfungsi untuk menghabiskan waktu kita untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuh yang lelah. Karena itu kamar tidur perlu dirancang dengan lebih seksama dibanding ruangan-ruangan lain yang ada di dalam rumah.

Desain Interior kamar tidur minimalis memerlukan kecermatan tersendiri agar tercipta kamar tidur yang nyaman dan tenang serta tidak membuat kita merasa sumpek jika berada di dalamnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menata interior kamar tidur minimalis, yaitu:

1. Sebaiknya di dalam kamar tidur minimalis tidak terdapat sekat-sekat yang akan membuat kamar semakin terasa sempit. Misalnya saja penambahan sekat untuk ruang ganti sangat tidak disarankan berada di dalam ruang tidur minimalis.

2. Interior kamar tidur minimalis yang tepat adalah tidak berlebihan, pas dan leluasa. Untuk itu, pemilihan aksesoris atau perabot haruslah yang berwarna bersih, seperti putih, krem, berbentuk tegas tanpa banyak renda atau variasi.

3. Penempatan lukisan di kamar tidur harus dipilih lukisan yang memiliki komposisi, frame dan warna yang simpel tanpa memiliki terlalu banyak ukiran. Lukisan yang dipilih pun sebaiknya seperti pemandangan alam, lautan biru, yang memberikan kesan luas.

4. Penggunaan karpet di dalam kamar minimalis tidak dilarang, namun pilihlah karpet  yang berwarna solid tanpa motif untuk memberikan kesan lapang.

5. Perabotan berwarna coklat gelap memberikan kesan perabotan itu tidak memenuhi ruangan. Pilihlah tempat tidur yang bermodel sederhana dan sesuaikan ukurannya dengan ruangan kamar Anda. Jangan menggunakan tempat tidur yang memakan hampir separuh ruangan kamar tidur Anda.

6. Interior kamar tidur minimalis biasanya memiliki warna dinding yang kalem dan menenangkan. Penggunaan wallpaper harus diperhatikan dengan cermat dan harus disesuaikan dengan warna dinding kamar serta perabotan kamar.

7. Pada bagian lantai kamar dapat divariasi dengan penggunaan kayu. Lantai kayu sebagai interior kamar tidur minimalis sangatlah cocok dan mulai digemari karena kamar tidur menjadi lebih nyaman, hangat dan tidak membuat kaki Anda dingin begitu turun dari tempat tidur.

8. Gorden untuk jendela kamar harus disesuaikan dengan warna seprai yang Anda gunakan di tempat tidur untuk menciptakan keserasian di kamar tidur minimalis dan tidak menimbulkan kesan terlalu ramai. Gorden dengan warna gelap biasanya digunakan untuk menghalangi masuknya cahaya matahari. Tambahkanlah lapisan tipis yang berwarna terang pada gorden warna gelap Anda untuk menetralisir warna gelap yang cenderung memberikan kesan sempit.

9. Letakkan cermin pada dinding atau pintu lemari pakaian untuk menimbulkan kesan luas dan lapang. Pantulan bayangan ruangan kamar pada cermin membuat Anda merasa berada di dalam kamar yang luas.

10. Untuk sebaiknya tidak menambahkan kamar mandi atau toilet pada kamar tidur minimalis. Biarkan kamar mandi terpisah dari kamar tidur. Jika dipaksakan, ruangan yang tersedia di kamar tidur minimalis semakin sedikit.

11. Pencahayaan di kamar tidur pun harus ditentukan agar kesan lapang tetap tercipta. Biasanya kamar tidur minimalis menggunakan lampu bercahaya putih. Namun jika ingin menambahkan lampu hias yang juga berfungsi sebagai lampu tidur, pilihlah lampu hias yang tidak terlalu besar. Cahaya lampu hias dapat menggunakan warna kuning atau warna-warna lembut lainnya untuk memberikan kesan mewah dan futuristik pada kamar tidur Anda.

Jika Anda membutuhkan Jasa Desain Interior untuk Kamar Tidur di rumah Anda, kami siap membantu, hubungi kami

Desain Interior Ruang Tamu

Desain interior  ruang tamu merupakan tantangan tersendiri karena setiap rumah memiliki ruang tamu dengan ukuran yang bervariasi. Selain harus layak menerima tamu, desain interior ruang ini harus diatur agar nyaman dan tidak berkesan penuh.

Untuk sebagian orang, ruang tamu menjadi bagian yang sangat penting karena ruang tamu mencerminkan karakter si pemilik. Bagi rumah dengan ukuran yang pas-pasan tentu selain harus layak menerima tamu, ruang ini harus diatur sedemikian rupa agar tidak terlalu menghabiskan ruangan. Bagi pemilik rumah yang cukup luas, tentu hal ini tidak akan menjadi masalah.

Di rumah mungil, ruang tamu tentu juga berukuran mungil, karenanya jangan memenuhi ruang tamu dengan furniture. Cukup sediakan sofa dengan dua dudukan (two seaters), satu sofa single seater, dan meja kecil. Apabila masih ada ruang lebih tambahkan meja sudut. Furniture yang ada jika memungkinkan letakkan disandarkan ke dinding agar ruang terlihat lebih lega.

Yang terpenting, peletakkan tidak mengganggu alur sirkulasi dari pintu masuk ke ruang-ruang lainnya. Di rumah dengan ukuran ruang tamu yang cukup luas atau luas, bisa diletakkan sofa dengan ukuran yang cukup besar, misalnya dengan sofa 3-2-1 seaters dan dengan meja tamu dan meja sudut dengan peletakkan yang hampir sama dengan rumah mungil agar tidak mengganggu alur sirkulasi menuju ruang lainnya.

Agar tidak monoton, menggabungkan dua buah sofa yang berbeda sangatlah menarik. Beda disini maksudnya adalah beda bentuk, beda desain, ataupun beda warna. Untuk menjembataninya carilah benang merah antara keduanya, misalnya berupa warna yang senada.

Di ruang tamu dengan luas yang terbatas, lebih cocok diisi dengan furnitur yang ringan, tempat duduk yang tebal, seperti sofa memberi kesan berat. Namun pemilihan sofa yang tepat bisa menjadikan ruang tamu tidak terkesan penuh.

Tips-tips pemilihan sofa misalnya dengan warna terang, pilih sofa dengan dua seaters, jangan terpaku pada ukuran standar sofa (umumnya lebar 80cm) karena akan membuat ruangan semakin sempit, pilih dengan ukuran 60 cm atau 50 cm, jika sofa ingin diletakkan menempel pada dinding, pilih sofa tanpa sandaran. Ini akan menghemat ruang ataupun juga sofa tanpa sandaran lengan.

Jika Anda membutuhkan Jasa Desain Interior untuk Ruang Tamu Anda, kami siap membantu, hubungi kami

Desain Interior Ruang Keluarga

Apabila pemilik rumah ingin desain interior di ruang keluarganya memberikan rasa nyaman dan dapat diakses dengan mudah dari semua ruangan yang ada di rumah, maka zoning harus dirancang terlebih dahulu.

Living room is the heart of the house. Istilah tersebut mengandung arti bahwa ruang ini memiliki kedudukan vital di dalam rumah. Jadi sebaiknya ruangan ini dapat dicapai dengan mudah. Mengaksesnya mudah karena berada di tengah-tengah.

Secara sederhana, untuk rumah yang tidak begitu besar, ruang keluarga mengambil posisi di tengah-tengah ruang-ruang lain. Dapat kita bayangkan, orangtua dapat secara langsung mengawasi kegiatan anak-anak mereka yang masih kecil.

Para penghuni rumah juga dengan mudah keluar atau turun (dari lantai atas) dari kamar pribadi ke ruang keluarga. Akan lebih baik jika posisinya berdekatan dengan pantry atau dapur sehingga aktivitas makan dan minum dapat dilakukan dengan mudah.

Hal lainnya, perangkat elektronik sebaiknya juga ditempatkan di ruang keluarga, bukan di ruang lain, sehingga televisi sebagai sarana entertainment dapat dinikmati di satu tempat.


Sumber : http://www.propertykita.com/direct.html?pat12from=DINI&url=http://desaininterior.biz/

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar