Rabu, 21 Maret 2012

Menata Tanaman Rambat di Dinding

detail berita
Tanaman rambat (foto: intsoftscape.com)
JIKA Anda memiliki halaman terbuka dan dibatasi dinding yang tinggi di sekelilingnya, jangan takut untuk berkreasi. Agar tampilannya semakin asri dan tidak kaku, Anda bisa menanam tanaman hijau sebagai penghias.

Dinding yang kosong terkadang memang terkesan monoton dan kusam. Bila tampilannya dibiarkan secara natural dan polos-polos saja, bisa membuat suasana di rumah terlihat menjemukan. Apalagi bila tampilan warna dinding dibuat putih sehingga saat memantulkan sinar matahari bakal menimbulkan kesan gersang dan panas. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Masih ada banyak solusi untuk menyiasatinya.

Salah satunya dengan memberikan kesan hijau lewat tampilan tanaman merambat. Selain dapat memberikan kesan teduh, tanaman rambat ini juga mampu menghadirkan nuansa hijau meski di lahan terbatas sekali pun.

Arsitek lanskap Herlin Wibowo berpendapat,menciptakan taman di lahan yang sempit memang tidak gampang. Apalagi bila sisi-sisinya dibatasi tembok pembatas. Hal ini bisa disiasati melalui penggunaan tanaman hijau yang merambat.

Keindahan tanaman rambat bisa dinilai lewat kerimbunannya. Tanaman rambat biasanya dipakai untuk menghias dinding di pekarangan atau sebagai penghias pagar. Namun,bila halaman Anda tidak terlalu luas, Anda bisa menggunakan tanaman rambat hijau atau berbunga. Kalau Anda menginginkan tampilannya lebih unik, bisa menggunakan tanaman rambat jenis tanaman sayur atau buahbuahan.

Selain menjadikan tampilan rumah tampak lebih asri, tembok rumah Anda pun bermanfaat, yakni merasakan hasilnya berupa buahbuahan yang bisa dikonsumsi. Alangkah baik bila sebelum menciptakan taman tembok nan hijau dan asri, Anda mengetahui terlebih dulu cara menatanya. Jika lokasi dinding atau tembok mendapatkan sinar matahari cukup atau penuh, maka Anda boleh menggunakan tanaman rambat berbunga atau sayuran rambat dengan desain sarana rambat yang sesuai dengan selera.

Misalnya menggunakan teralis yang ditanam pada dinding. "Untuk membuat taman dinding, ada baiknya tembok tidak ditutup secara keseluruhan. Melainkan bisa juga dengan menggantungkan teralis berukuran lebar 40 sentimeter (cm) dan tinggi 1,20 meter. Ini sudah cukup untuk menambah pesona pada dinding," kata arsitek Denny Setiawan. Tanaman gantung Anda tentu akan terlihat cantik bila ditempatkan pada bak khusus.

Permukaan tanahnya pun dapat ditutup menggunakan jenis tanaman lain. Menata tanaman rambat ini bisa diulang sehingga tampilannya tersusun rapi dan sempurna. Setelah mengetahui cara menatanya, Anda jangan sampai salah memilih jenis tanaman rambat yang sesuai agar tampilan taman mungil Anda semakin cantik. Ada banyak jenis tanaman rambat yang bisa dipilih, mulai tanaman rambat yang berbunga kecil sampai yang menawarkan kerindangan warna hijaunya.

"Tanaman rambat berbunga misalnya ipomea quamoclit, morning glory, clematis, serta thunbergia putih dan ungu. Semua memiliki tampilan yang unik dan pas digunakan untuk membuat taman dinding yang terkena sinar matahari," ungkap Herlin. Bukan hanya tanaman rambat yang menghadirkan bunga cantik dan berwarna, tanaman rambat yang tidak memiliki bunga pun bisa menjadikan tampilan dinding semakin teduh sekaligus asri.

Bila Anda ingin menggunakan tanaman rambat hijau, tak ada salahnya memilih jenis tanaman seperti syngonium.Ragam bentuk corak dan warna daun yang ditawarkan tanaman ini sangat bervariasi.Tanaman ini sangat cocok untuk taman dinding yang teduh dan sedikit lembap. "Syngonium merupakan tanaman yang dasarnya merambat ke atas. Untuk membuat tampilan rambatnya baik,maka teralis besi pada dinding sebaiknya diberi celah tiga sampai lima sentimeter," saran Herlin.

Selain jenis tanaman syngonium, Anda juga boleh menggunakan jenis lain, seperti stephanot ungu dan jingga serta dolar kecil dan besar. Pasti dengan pemilihan tanaman rambat yang sesuai, taman di dinding Anda akan terlihat semakin hidup.


Sumber : www.property.okezone.com/menata-tanaman-rambat-di-dinding

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar