Rabu, 28 Maret 2012

Pesona dan Fungsi Bambu Ciptakan Arsitektur Alami

detail berita
Bamboo Wing (foto: archdaily/hiroyuki oki)
HANOI - Bambu selama ini lebih dikenal sebagai salah satu material dalam pembuatan furnitur atau mebel. Namun, ternyata bambu juga dapat diaplikasikan sebagai material utama pada struktur sebuah bangunan.

Sebuah proyek arsitektur di kawasan resor Flamingo Dai Lai, Hanoi, Vietnam menggunakan bambu sebagai material utamanya dan tidak menggunakan rangka baja ataupun material lainnya. Tujuan utamannya untuk mempelajarai dan membuktikan bambu tidak hanya sebagai bahan finishing bangunan, tapi juga dapat difungsikan sebagai struktural.

Strukturnya yang murni bambu membuat karya arsitektur ini disebut Bamboo Wing. Keunikan strukturnya, dibuat dengan bentuk melayang laksana burung yang sedang terbang tinggi di langit, menjadikannya sebuah ruang terbuka seluas 1600 meter persegi (m2) tanpa ada pelapis vertikal seperti plafon pada langit-langit ruangan. 

Meski demikian, kelhawatiran akan mengalami kebocoran pun telah diantisipasi dengan menggunakan atap rumbia dan pengaturan bambu yang sangat rapat sehingga tidak ada rongga untuk masuknya air jika hujan datang. Demikian seperti dikutip Archdaily, Selasa (27/3/2012).

Ruang terbuka ini termasuk bangunan multifungsi karena dapat digunakan sebagai pesta pernikahan, konser musik, dan berbagai acara lainnya. Proyek ini juga berhasil membuat tren baru, yang mana bambu dapat menjadi matreial ramah lingkungan yang masih banyak tersedia di alam dan mudah diperoleh.

Bentuk atapnya yang menyerupai kepakan sayap burung saat terbang, membuat udara bebas masuk ke dalamnya, apalagi ditambah pepohononan dan kolam air di sekeliling bangunan ini.

Bangunan  ini tidak hanya memperkenalkan bambu sebagai material utama, namun juga memberi kontribusi pada alam dengan mengurangi pemakaian air conditioner (AC). Dengan berada di dalamnya orang-orang akan merasa benar-benar hidup di alam.


Sumber : www.property.okezone.com/pesona-dan-fungsi-bambu-ciptakan-arsitektur-alami

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar