Selasa, 27 Maret 2012

Siap-siap...Harga Rumah Naik 10 Persen!



JAKARTA, Jika rencana kenaikan harga BBM pada 1 April nanti terealisasi, harga rumah diprediksi bakal naik 10%. Dampaknya akan langsung terasa saat itu juga, terutama pada rumah-rumah untuk kalangan menengah yang marginnya tipis.

Demikian disampaikan oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (REI) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Rudy Margono, di Jakarta, Senin (26/3/2012) kemarin. Rudy mencatat, saat ini ada sekitar 500 proyek anggota REI DKI Jakarta yang sedang berjalan bukan hanya di Jakarta, tapi juga di Jabodetabek.

Kebanyakan proyek tersebut proyek high rise. Sekadar mengingatkan, tanggal 15 Maret lalu Bank Indonesia (BI) merilis surat edaran yang mengatur rasio loan to value (LTV) untuk KPR paling banter 70%. Artinya, down payment (DP) alias uang muka harus 30%.

Ketentuan tersebut hanya berlaku untuk rumah tinggal, termasuk rumah susun atau apartemen dengan luas lebih dari 70 meter persegi (m2). Supaya DP tetap terjangkau oleh konsumen dan penjualan tetap laris, sejumlah pengembang sudah menyiapkan strategi khusus. Misalnya, memperpanjang masa angsurannya.

Namun, Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk Johanes Mardjuki justru mengaku tidak khawatir penjualan rumah yang dibangunnya akan menurun. Pasalnya, pengembang perumahan Summarecon Kelapa Gading, Summarecon Serpong, dan Summarecon Bekasi dari dulu sudah menerapkan DP 20% - 30%.

"Sampai saat ini belum terasa pengaruhnya," ujar Johanes di Jakarta, Senin (26/3/2012).

Tak heran, Johanes pun mengaku tidak merasa perlu memperpanjang jangka waktu angsuran DP untuk konsumen. Ia bilang, kalaupun ada penurunan penjualan, penyebabnya kemungkinan besar justru kenaikan harga BBM.

Namun demikian, Johanes memperkirakan, dampaknya masih ada dalam batas-batas yang bisa ditolerir. Sebagai langkah antisipasi, pihaknya sudah mengambil ancang-ancang untuk mengerek harga jual rumahnya antara 10% - 15% jika harga BBM dinaikkan. Alasannya, harga bahan bangunan dan biaya konstruksi tentunya akan ikut-ikutan melonjak.

"Itu harus kami perhitungkan," ujar Johanes lagi. sepeda motor pulang," ujarnya.


Sumber : www.properti.kompas.com/Siap-siap.Harga.Rumah.Naik.10.Persen.

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar