Selasa, 06 September 2011

Lima Langkah agar Ruang Makan Tampil Hangat



Ruang makan memiliki  peranan penting selain sebagai tempat untuk makan, juga menjadi area berkumpul anggota keluarga. Titik pentingnya ialah menciptakan kenyamanan, kehangatan sekaligus keakraban seluruh anggota keluarga di ruang makan.

Untuk itu, berilah sentuhan sentuhan "berbeda" di ruang makan Anda, berikut lima langkah referensinya:

1. Sesuaikan jumlah kursi dengan jumlah anggota keluarga

Bila rumah Anda cukup besar untuk memiliki ruang makan sendiri, usahakan jumlah kursi harus sama dengan seluruh jumlah anggota keluarga. Ketika acara makan tiba, maka seluruh anggota keluarga dapat berkumpul mengelilingi meja makan.

Anda dapat menggunakan meja makan berbentuk lingkaran untuk ruangan yang besar. Namun, bila ruangan lebih sempit pakailah bentuk persegi dengan kursi lebih sederhana.

2. Pemilihan warna serasi di ruang makan

Warna di ruang makan dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang. Bila salah pilih warna di ruang makan, bisa jadi malah menurunkan nafsu makan anggota keluarga. Warna yang dapat menjadi referensi Anda misalnya merah, merah tua, merah keunguan, cokelat, kuning dan hijau.

Agar ruangan semakin serasi, buatlah permainan warna pada aksesoris di ruang makan. Seperti pada sarung kursi, taplak meja makan, peralatan makan, napkin dan lain sebagainya.

3. Bedakan dengan ruang lain lewat ubin

Terkadang ruang makan menjadi multifungsi dengan ruangan lainnya seperti dapur atau ruang keluarga. Untuk menjadikannya tampil beda, gunakan jenis ubin atau warna keramik yang berbeda. Secara tidak langsung, warna ubin berbeda akan menggariskan perbedaan antar ruang meski tidak dibatasi dinding masif.

4. Penataan table setting

Menata meja makan ala table setting dengan meletakkan sendok, garpu, piring, gelas dan lainnya secara apik dipadu napkin akan  menghadirkan nuansa berbeda.

Semakin cantik dan menawan, dengan tambahan buket bunga sederhana pada bagian tengah meja. Pilihlah bunga yang sesuai dengan besarnya meja makan, jangan sampai penempatan bunga menutupi fungsi meja makan.

5. Pakai lampu hias atau lilin

Lampu hias semacam chandelier menambah nuansa kehangatan di ruang makan. Bila tak ada lampu hias, Anda bisa menempatkan lilin di atas meja. Nyala lilin akan membantu menciptakan ruangan yang menenangkan. Tapi, pilihlah lilin yang tidak berbau wangi, karena justru bau wangi mengaburkan aroma makanan.

Selamat mencoba!


Sumber : www.properti.kompas.com/Lima.Langkah.agar.Ruang.Makan.Tampil.Hangat

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar