Selasa, 06 September 2011

Mau Desain Kamar Mandi? Tentukan Dulu Gayanya!



Anda berniat mendandani kamar mandi? Tunggu dulu, tentukan dulu gayanya! Dengan gaya dan padanan yang tepat, aktivitas di kamar mandi menjadi lebih menyenangkan.

Ada banyak gaya yang bisa Anda pilih untuk tampilan kamar mandi istimewa di rumah. Beberapa diantaranya  modern elegan, colorful, natural, dan country.

1. Modern Elegan

Untuk gaya satu ini, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan. Gunakanlah konsep simplicity, dimana bentuk geometris tanpa lekuk pada berbagai aksesoris kamar mandi seperti meja wastafel dan rak penyimpanan.

Konsep simpel ini tidak cuma diaplikasikan pada bentuk, melainkan juga warna. Warna yang tepat seperti putih, hitam, atau cokelat untuk nuansa modern yang elegan.

Sesudah memilih model dan material  bergaya modern, saatnya melengkapi kamar mandi dengan peranti modern. Pilih peranti built in yang menciptakan kesan "melayang" untuk meminimalisasi area sudut.

Warna netral pada kamar mandi gaya ini ditonjolkan lewat penggunaan material yang mengkilat seperti marmer, kaca, cermin, dan cat glossy. Material yang cocok dengan suasana modern elegan iialah aluminium, dan keramik mozaik yang diaplikasikan pada area dinding dan lantai.

2. Natural

Untuk kamar mandi gaya natural, padukan berbagai material alami pada area kamar mandi untuk menciptakan kesan natural. Contohnya batu alam. Jika ingin menggunakan material kayu, pastikan diberi water proofing agar air tak merembes dan membuat kayu lapuk dan lembab.

Suasana natural akan semakin terasa, saat kamar mandi diberi aksesori hijau. Tanamkan beberapa jenis perdu mungil di salah satu area dinding atau gunakan pot bila ingin lebih simpel. Pot besar bisa diletakkan di salah satu sudut lantai, sedangkan pot mungil digantung di langit-langit kamar mandi.

Untuk mendukung nuansa natural,  masukkan cahaya alami lewat skylight atau lubang di langit-langit kamar mandi. Skylight berbentuk kisi-kisi kayu bisa digunakan untuk menciptakan permainan cahaya di kamar mandi.

3. Colorful

Untuk gaya ini, beranilah menggunakan warna yang "berani". Padukan sedikitnya dua warna cerah misalnya biru -hijau atau hijau -kuning untuk kesan kamar mandi yang meningkatkan semangat. Padukan dengan warna netral agar suasana tidak terlalu memusingkan mata.

Pakai beragam motif di kamar mandi ini demi kesan dinamis. Motif bisa diaplikasikan lewat wallpaper di dinding atau lewat keramik lantai. Jika tidak ingin terlalu banyak motif, aplikasikan pada salah satu elemen ruang, misalnya salah satu bidang dinding atau area lantai.

Bentuk dinamis juga bisa diaplikasikan misal lewat cermin bulat, relief gelombang pada area dinding. Agar tampilan makin segar, tambahkan bunga segar. Pilih yang awet seperti anggrek atau aster. Atau bisa juga menggunakan tanaman pot seperti Anthurium dan pisang-pisangan.

4. Country

Bagi penyuka gaya romantis ala pedesaan, bisa mengaplikasikan gaya country di kamar mandi. Caranya, menggunakan motif bunga-bunga mungil pada area dinding kamar mandi. Untuk menjaga wallpaper tidak terkena percikan air, gunakan lis kayu berwarna terang untuk memisahkan area dinding menjadi dua.

Kemudian gunakan wallpaper pada area atas dinding. Ciptakan kesan romantis lewat warna-warna pastel. Tambahkan lampu dengan cahaya kekuningan yang temaram, hangat dan nyaman. Netralkan nuansa temaram dengan bukaan cukup agar cahaya alami masuk pada siang hari.

Pilihlah pernik kamar mandi dari bahan porselen dengan hiasan bunga. Pakailah aksesoris yang disesuaikan dengan wallpaper. Namun, gaya ini perlu perawatan ekstra karena banyak detail yang menyimpan debu.


Sumber : www.properti.kompas.com//Mau.Desain.Kamar.Mandi.Tentukan.Dulu.Gayanya.

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar