Senin, 11 April 2011

Urban Renewal dengan Rusun, Keharusan bagi Jakarta



         JAKARTA, Urban Renewal atau peremajaan kota sebagai jawaban semrawutnya penataan kota Jakarta, tak lepas dari tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Konsep urban renewal ini sangat bagus. Namun, tanpa melibatkan otoritas pemda dalam mendesain urban renewal location itu sulit. Artinya, pemerintah daerah harus menjadikan masalah perumahan dan permukiman sebagai prioritas kerja."
-- Panangian Simanungkali

Menurut pengamat properti, Panangian Simanungkalit, satu-satunya solusi untuk mengatasi kebutuhan rumah dengan pertumbuhan penduduk di atas 3 Juta jiwa dengan inner city living. Kata Panangian, tinggal di tengah kota bisa dilakukan lewat hunian vertikal atau rumah susun.

"Urban Renewal atau peremajaan kota dengan pembangunan permukiman kota lewat hunian vertikal sebagai langkah efisiensi sudah keharusan," katanya saat ditemui di Kemang Village, Jakarta Selatan, Jumat (8/4/2011).

Mantan Menteri Perumahan Rakyat Cosmas Batubara sebelumnya mengingatkan, Kota Jakarta harus diremajakan dengan rumah susun.

Panangian mengatakan konsep Pemprov DKI Jakarta terlambat dalam mengantisipasi pertumbuhan jumlah orang yang datang dan mendiami Jakarta. "Sebenarnya masalah terberat Pemprov DKI Jakarta adalah mengatasi perumahan. Pemprov DKI harus segera membangun urban guideline untuk mengurangi permukiman padat penduduk, mengurangi daerah-daerah kumuh di Ibukota, serta mengintegrasikan antarlokasi," jelasnya.

Untuk itu Pemprov DKI Jakarta diminta serius untuk menata urusan perumahan dan permukiman di Jakarta. "Konsep urban renewal ini sangat bagus. Namun, tanpa melibatkan otoritas pemerintah daerah dalam mendesain urban renewal location itu sulit. Artinya, pemerintah daerah harus menjadikan masalah perumahan dan permukiman sebagai prioritas kerja," katanya.

Sumber : www.properti.kompas.com/Urban.Renewal.dengan.Rusun.Keharusan.bagi.Jakarta.
Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar