Selasa, 19 April 2011

15 Merek Ritel Global Siap Masuk RI



   Jakarta - Sebanyak 15 merek ritel  internasional siap ekspansi dan masuk pasar Indonesia di 2011. Para pemain global ini sedang menyeleksi beberapa lokasi di kawasan Senayan, CBD ataupun Semanggi Jakarta.

Demikian disampaikan Head of Research Procon Savills, Herully Suherman, di kantornya, Jakarta (19/4/2011).

"Mereka confirm untuk masuk, ada 15 brand international. Retailer ini sedang memilih lokasi, namun utamanya segmen middle up atau upper segment," katanya.

Salah satu alasannya, lanjut Rully, mereka melihat pasar Indonesia yang memiliki tingkat daya beli kuat. Perekonomian Indonesia secara umum terus bertumbuh.

"Mal bagus, meskipun tidak ada pasokan baru di kuartal I. Mereka ekspansi karena buying power tumbuh. Fundamental Indonesia juga kuat," tuturnya.

Namun ada tantangan besar yang harus dikerjakan pengembang pusat belanja. Calon penyewa, kini menyeleksi secara mendalam mal-mal mana yang memiliki tingkat arus pengunjung yang tinggi.

"Dulu konsepnya hanya department store, tapi saat ini perilakunya tidak hanya shopping, tapi entertaining atau dining atau konsep lifestyle. Jadi dalam 12 jam, seluruh market diambil supaya traffic makin tinggi. Ini menarik retailer untuk masuk. Seperti ada Kids World sebagai family center. Juga ada yang night life, untuk clubbing atau nonton," pungkasnya.

Dalam dua tahun ke depan, retailer akan berkembang dengan fokus pada bidang fashion dan F&B (Food and Beverage) yang membuka flagstore dan outlet di Jakarta.

Rully menjelaskan, penyerapan pasar ritel di Jakarta cukup berkembang. Dimana saat ini tingkat penyerapan hunian retail mencapai 84%.

"Pasokan ritel tumbuh 4,8%, mencapai 3,63 juta m2 dibandingkan tahun lalu. Penyerapan di quarter I 2011 mencapai 107.000 meter persegi. Penyewa masih didominasi bidang fashion dan makanan (F&B)," ucapnya.

Secara umum, pada periode Januari hingga Maret 2011 terjadi kenaikan sewa 10% dalam US$ dibandingkan posisi tahun sebelumnya. Namun, ternyata kenaikan tidak menyulutkan retailer melakukan ekspansi.


Sumber : www.detikfinance.com/-merek-ritel-global-siap-masuk-ri
 Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar