Selasa, 19 April 2011

Tiga Perumahan Ciputra di Sidoarjo Kian Berkembang



              SURABAYA, Tiga proyek Grup Ciputra di Sidoarjo, Jawa Timur, yaitu CitraHarmoni, CitraGarden, dan CitraIndah, terus dikembangkan.

General Manager Proyek Ciputra di Sidoardjo, Purnadi, dalam percakapan dengan Kompas.com di Surabaya, pekan lalu, mengatakan, Sidoarjo adalah kota kedua setelah Surabaya bagi investasi Grup Ciputra di Jawa Timur.

"Karena lahan di Surabaya makin mahal, kami melirik lahan di Sidoarjo. Kami mengawalinya dengan membangun perumahan kelas menengah CitraHarmoni. Meningkatnya infrastruktur di kota ini membuat Sidoarjo terangkat," jelas Purnadi.

Perumahan CitraHarmoni menyasar ke pasar menengah bawah. Lokasinya ke arah Sidoarjo sebelah barat, tetapi lebih dekat ke Surabaya, dan tidak jauh dari Bandara Juanda.

CitraHarmoni Sidoarjo seluas 40 hektar, dikembangkan Grup Ciputra sejak tahun 1995. Sampai April 2011, sudah 1.100 unit rumah kelas menengah dibangun. Harga rumah di CitraHarmoni berkisar antara Rp 225 juta dan Rp 700 juta per unit.

Pembeli rumah di CitraHarmoni sebagian besar karyawan dan sebagian lagi pengusaha. Hampir 70 persen penghuni CitraHarmoni Sidoarjo bekerja di Surabaya, yang waktu tempuhnya sekitar 45 menit.

"Saat ini kami sedang mengembangkan rumah kecil dan rumah sedang. Landbank masih banyak, masih ada 40-an hektar lagi. Kami masih akan membangun sekitar 1.000 unit rumah lagi," jelas Purnadi.

CitraGarden sasar pasar menengah
Sementara itu, perumahan CitraGarden seluas 28 hektar mengarah ke pasar kelas menengah. Lokasi perumahan CitraGarden di samping tol Surabaya-Sidoarjo, lebih ke Kota Sidoarjo. Pasarnya karyawan dan beberapa pemilik. Perumahan ini merupakan kerja sama Grup Ciputra dengan Podojoyo Mashyur.

Hari Minggu (17/4/2011) lalu, CitraGarden meluncurkan rumah-rumah kelas menengah dinklaster baru, Greenwood. "Rumah-rumah ini dijual dengan harga antara Rp 700 juta dan Rp 1,6 miliar. Jumlah unit yang dibangun di klaster ini 15 unit, mulai dari luas tanah 9 m x 18 m dengan luas bangunan 92 m2, sampai luas tanah 9 m x 18 m dengan luas bangunan 192 m2," jelas Purnadi. Dari jumlah 25 unit di klaster terbaru ini, 7 unit di antaranya rumah supereksklusif seluas 12 m x 22 m2 dengan harga Rp 1,6 miliar.

Salah satu fasilitas CitraGarden Sidoarjo yang baru selesai dibangun pada Januari 2011 adalah CitraGarden Waterpark seluas 1 hektar. Adapun CitraGarden Sidoarjo seluas 28 hektar.

Dobrak Sidoarjo dengan rumah mewah
Purnadi mengungkapkan, Grup Ciputra satu-satunya pemgembang yang mendobrak Sidoarjo dengan membangun rumah-rumah high-end. Selama ini belum pernah ada pengembang yang membangun rumah menengah atas. "Penjualan rumah memang tidak cepat, tapi selalu ada yang membeli," katanya.

Problem utama yang dihadapi adalah masalah lumpur karena menyebabkan jalan menuju Sidoarjo macet dari arah Pasuruan. "Tapi, jalan dari Surabaya menuju Sidoarjo tidak ada masalah," ungkapnya.

Perumahan CitraIndah Sidoarjo adalah perumahan kelas menengah atas. Luasnya hanya 2 hektar dan berlokasi di pusat kota di pecinan Sidoarjo atau di Km 0 Kota Sidoarjo. Perumahan CitraIndah menjual rumah-rumah mewah. Saat ini Grup Ciputra meningkatkan prasarana kota dengan memanfaatkan jaringan TV kabel.

Menurut Purnadi, rumah-rumah yang dijual di CitraIndah Sidoarjo berharga di atas Rp 1,2 miliar dengan luas tanah 9 m x 18 m dan luas bangunan 205 m2. Sebanyak 23 unit rumah yang harganya antara Rp 1,1 miliar dan Rp 1,7 miliar sudah laris sejak diluncurkan pada awal tahun 2010 lalu. Jumlah rumah yang direncanakan dibangun total 60 unit. Selain itu, 19 unit rumah toko (ruko) di CitraIndah, yang harganya Rp 700-an juta, sudah terjual habis. (Robert Adhi Kusumaputra)

"Karena lahan di Surabaya makin mahal, kami melirik lahan di Sidoarjo. Kami mengawalinya dengan membangun perumahan kelas menengah CitraHarmoni. Meningkatnya infrastruktur di kota ini membuat Sidoarjo terangkat."
-- Purnadi--
 
 
 
Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

1 komentar:

  1. pagi gan salam kenal :)
    thanks gan infony bermanfaat skali :) bsa minta foto 3 rumahny gan pnasaran pgin liat hhe :)
    oiya gan btw ane mau tanya ni gan, agan tahu ga tmpat yg jual rumah purwokerto yang unik, dinamis dan elegan itu dmna ya ?
    maksh ya gan ditunggu infonya :)

    BalasHapus