Kamis, 08 Maret 2012

Desainer dan Pengusaha Mebel Belum Kompak



JAKARTA,Menghadapi persaingan pasar furnitur, para desainer dan pelaku industri mebel saat ini harus bersinergi. Meski desainer banyak jumlahnya, namun kiprahnya dinilai belum optimal menyesuaikan industri furnitur di Indonesia

"Sebetulnya, jumlah desainer di sini banyak, mengingat banyaknya sekolah di bidang desain. Namun, banyak di antara mereka belum memahami peta industri furnitur kita. Yang terbayang adalah konsep industri manufaktur, padahal kebanyakan pelaku industri kita itu UKM," kata Executive Advisor Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo), Prieyo Pratomo, di Jakarta, Rabu (7/2/2012).

Prieyo mengatakan, agar desain itu memiliki nilai tinggi, desainer Indonesia harus memahami karakteristik industrinya.

"Kalau UKM itu alur produksinya tidak bisa seperti manufaktur dengan perusahaan besar. Di sini, ada usaha kerakyatannya, hand made juga masih banyak," katanya.

"Maka, jangan sampai desainer membuat karya ternyata tidak laku, atau bisa membuat namun lama jadinya. Lalu, saat membuat itu ongkos produksinya jadi mahal," tambahnya.

Hal serupa juga dialami para pelaku industri mebel yang saat ini masih bergantung pada "order". Hal ini jauh berbeda dengan mereka yang sudah mulai menawarkan produk mebel dan kerajinan untuk pasar ekspor.

"Paling tragis adalah saat industri tersebut pada level tertentu, ternyata pemiliknya adalah asing, di mana dia sanggup melirik keunikan yang dimiliki Indonesia," katanya.



Sumber : www.properti.kompas.com/Desainer.dan.Pengusaha.Mebel.Belum.Kompak

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar