Kamis, 22 Maret 2012

Pabrik Semen Tua Disulap Jadi Arsitektur Modern

detail berita
Hasil karya arsitek Ricardo Bofil (foto: cnbc)
BARCELONA - Dunia arsitektur tidak hanya melulu pada merancang atau membangun bangunan baru. Menyulap bangunan tua menjadi sebuah karya arsitektur yang modern pun sangat sering dilakukan para profesional dalam bidang ini.

Di sebuah desa yang disebut Sant Just Desvern dekat Barcelona, Spanyol, berdiri sebuah bangunan multifungsi. Selain sebagai rumah, bangunan ini juga digunakan sebagai kantor dan studio project. Uniknya, bangunan tersebut dahulunya adalah sebuah pabrik semen tua yang terlantar bebas di pinggir jalan.

Pada tahun 1973, seorang asritek bernama Ricardo Bofill menemukan pabrik tua ini. Dia melihat portensi besar dibalik keusangan bangunan pabrik beserta 30 silo atau tempat penyimpanan bahan baku, galeri bawah tanah dan kamar mesin yang luas. Demikian seperti dilansir CNBC, Kamis (22/3/2012).

Dua tahun kemudian, Bofil berhasil mengubah pabrik tersebut menjadi senuah kompleks rumah pribadi dan kantor utama perusahaan arsitek miliknya. Hingga saat ini Bofil telah mengubah delapan silo menjadi area fungsional, yang terdiri dari sebuah laboratorium permodelan, kamar arsip, perpustakaan, ruang proyeksi dan ruang perjamuan luas yang disebut The Cathedral.

Selain itu, sang arsitek yang telah menjadi pemilik pabrik ini juga menambahkan furnitur dengan konsep modern minimalis sebagai elemen interiornya. Mulai dari kursi, meja hingga peralatan untuk keperluan studio dan kantornya. Banyak yang telah diubah dan diganti dengan hal-hal yang baru, namun, yang pasti dinding beton bangunan pabrik tetap dijaga keasliannya. Hal inilah yang menjadi nilai seni dalam karya Bofil ini. 

Setelah kurang lebih tiga dekade berlalu, pabrik usang tua semakij menarik perhatian banyak masyarakat, apalagi karena Bofil telah menambahkan berbagai tanaman hijau di sekeliling bangunan yang berpadu cantik dengan efek gothic pasca indutstri yang bersumber dari visual dan struktur fisik gedung pabrik.


Sumber : www.property.okezone.com/pabrik-semen-tua-disulap-jadi-arsitektur-modern

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar