Jumat, 02 Maret 2012

Siap-siap! Harga Rumah Bakal Naik

Jakarta - Pengembang bersiap menaikkan harga jual rumah mereka kepada konsumen. Mereka tengah menghitung komponen biaya operasional yang kemungkinan naik, seperti semen, besi serta baja, akibat rencana kenaikan harga BBM dari pemerintah.

Menurut Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Setyo Maharso, pergerakan harga bahan bangunan kini masih labil. Belum bisa diperkirakan, berapa kenaikan harga semen atau besi dari produsen. Tentu komponen ini yang paling berpengaruh terhadap harga jual rumah yang tawarkan pengembang kepada konsumen.

"Naik (harga rumah) iya, tapi berapanya tergantung komponen biaya seperti semen, besi dan baja yang sekarang harganya masih fluktuatif," tuturnya kepada detikFinance di Jakarta, Jumat (2/3/2012).

Setyo menambahkan, pengembang masih menantikan pergerakan harga bahan bangunan stabil. Setelah itu, baru terlihat berapa peningkatan harga rumah baru tersebut.
"Nanti kalau sudah stabil, baru bisa kita hitung. Selama ini untuk semen dan besi paling pengaruh pada high risk (apartemen, ritel, hotel). Sedangkan komponen biaya transportasi yang paling mempengaruhi harga jual real estate.

Seperti pantauan detikFinance, hingga akhir Februari belum terlihat ada kenaikan harga bahan bangunan. Pelaku bisnis bahan bangunan mengaku was-was dan bersiap menaikkan harga dalam rangka antisipasi kenaikan harga BBM.

"Harga stabil tidak ada kenaikan Januari-Februari. Kami sangat tergantung dengan distribusi. Kenaikan harga BBM sangat berpengaruh pada transportasi barang. Kita belum bisa menentukan kenaikan barangnya, itu tergantung kenaikan BBM nanti, kira-kira 10-20% tapi itu belum pasti," kata Nur, salah satu pemilik toko bangunan di Jakarta Timur.

Pedagang batu bata, Fajar juga mengaku khawatir harga produknya semakin tinggi. Ini juga akan mempengaruhi penjualan barang dagangannya. "Saya terus terang was-was terhadap kenaikan harga BBM, karena dampaknya sangat besar terhadap kenaikan harga dan penjualan kami," imbuhnya.

Sumber : www.finance.detik.com/siap-siap-harga-rumah-bakal-naik

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar