Selasa, 13 Maret 2012

Yuk, Kurangi Limbah Elektronik di Rumah

detail berita
Tumpukan limbah elektronik (Foto: Reuters)
JAKARTA - Ingat robot kecil dalam film Wall-E? Film tersebut mengisahkan tentang bumi yang telah penuh dengan sampah elektronik, hingga akhirnya manusia terpaksa pindah ke luar angkasa? Kisah fiksi dalam film ini mungkin saja dapat menjadi kenyataan nantinya, apabila manusia terus menggunakan elektronik tanpa batas, dan tidak pernah mendaur ulang.

Menurut data PBB, setiap tahun kurang lebih 20-50 juta ton limbah elektronik (e-waste) dibuang tanpa diproses dengan cara yang ramah lingkungan. E-waste bisa menjadi ancaman serius bagi lingkungan dan manusia karena ia adalah sumber toksin, termasuk zat karsinogenik. Setelah dibuang, zat dari e-waste masuk ke tanah, kemudian ke air, dan akhirnya dapat mencemari rumah kita melalui keran air.

Lantas, hal apa yang dapat kita lakukan untuk menghindari ancaman e-waste? Berikut ini beberapa tips jitu dan mudah yang dikutip dari Greenlifestyle, Selasa (13/3/2012).

1. Mengurangi pembelian alat elektronik di rumah yang tidak menjadi prioritas.
2. Belilah produk yang dapat di-upgrade dengan mudah.
3. Penggunaan TV ataupun Handphone sesuai kebutuhan saja
4. Pilih baterai yang bisa diisi ulang (rechargeable). Walaupun sedikit lebih mahal, tapi tidak langsung dibuang, dan dapat dipakai lagi.
5. Olah e-waste kamu secara ramah lingkungan. Baterai dan CD bekas bisa diantar untuk didaur ulang ke beberapa tempat daur ulang di daerah berikut ini:

Jakarta
Jl. Pakubuwono 6 No. 99 (blkg Apotik Century)
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Cp: Bayu Wardhana (0817 128 615)

Bandung
Tobucil
Jl. Aceh No 56
Cp: Tarlen, Telp: 022 4261548

6. Bagi yang bekerja di pabrik yang memproduksi e-waste berskala besar, bisa kunjungi perusahan Waste Management Indonesia (WMI) langsung atau lihat situsnya, untuk kemudian melakukan pengolahan limbah yang ramah lingkungan.
7. Bantu sosialisasikan mengenai daur ulang e-waste ini ke berbagai pihak, dari skala kecil seperti keluarga di rumah, kantor atau perusahaan tempat bekerja, dan industri besar lainnya yang kira-kira menghasilkan e-waste dalam jumlah besar.


Sumber : www.property.okezone.com/yuk-kurangi-limbah-elektronik-di-rumah

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar