Jumat, 25 November 2011

Saat Anda Sadar, Rumah Semakin Berantakan....



Sibuk bekerja terkadang membuat Anda menomorduakan kegiatan merapikan rumah. Ketika memiliki waktu luang, Anda akan menyadari, bahwa mungkin rumah dalam kondisi penuh sesak barang-barang, tidak rapi, dan berantakan.

Untuk merapikannya, Anda bisa memulainya secara bertahap dari satu ruang ke ruang lainnya. Langkah pertama bisa Anda coba awali dari kamar tidur, kemudian ke ruang tamu atau ruang keluarga, masuk ke dapur, selanjutnya ruang makan, kamar mandi, tak lupa gudang.

Kamar tidur

Di ruangan ini, lemari pakaian adalah tempat yang sebaiknya dibersihkan pertama kali. Bisa dilihat, ada kemungkinan isinya berantakan karena Anda terburu-buru saat mengambil baju. Atau, lemari tampak penuh dengan baju-baju lama. Untuk itu, ada baiknya Anda kembali memilah pakaian yang tak lagi dipakai agar lemari tampak lega.

Selain lemari, meja rias juga penting dibersihkan. Biasanya, karena saking terburu-buru, sisa-sisa kosmetik akan berjatuhan di meja dan meninggalkan noda.

Ruang keluarga

Di ruangan ini, pembersihan wajib dilakukan pada area yang kerap diduduki, misalnya sofa atau karpet. Biasanya, akan ada remah-remah makanan atau noda yang tersisa.

Bersihkan karpet dengan penyedot debu agar kembali nyaman diduduki. Bila ruangan ini juga dijadikan sebagai tempat menyimpan majalah, surat kabar, atau kertas-kertas kerja, rapikan kembali dan susun dengan rapi. Majalah lama dan koran bekas dapat Anda sumbangkan ke tukang loak.

Dapur dan ruang makan

Area ini bisa sangat kotor, apabila tak sempat dibersihkan setiap hari. Bersihkan kompor, rak berisi peralatan makan, tempat penyimpanan makanan, serta lemari es.

Keluarkan bahan-bahan makanan yang telah kadaluarsa, tata kembali isi lemari es dengan rapi. Menata isi lemari es dan mengeluarkan yang tidak dipergunakan lagi akan lebih menghemat daya.

Sementara di ruang makan, Anda bisa mulai membersihkan area bawah meja makan. Siapa tahu, ada sisa-sisa makanan yang berceceran dan mengering, bukan? Selanjutnya, lap meja makan dan beri pemanis dengan sentuhan table setting.

Kamar mandi

Merapikan kamar mandi secara keseluruhan termasuk mengkilapkan keramik bisa Anda lakukan sekali dalam seminggu. Pembersihan utama adalah pada kloset, bak mandi, shower, dan lantai kamar mandi.

Buang bungkus-bungkus peralatan mandi yang telah habis isinya namun masih bertengger di kamar mandi. Singkirkan produk yang tidak terpakai agar terlihat lebih lega.

Gudang

Jika kebetulan memiliki gudang, Anda mungkin akan memakan waktu lama untuk membersihkan ruangan ini. Karena tak jarang, barang-barang yang ditumpuk terlanjur tidak tertata dengan rapi.

Kuncinya, Anda memang harus bersikap tegas saat menata ruang ini, terutama untuk mengeluarkan barang-barang yang tidak layak lagi disimpan. Anda bisa membuang atau memberikannya ke tukang loak.

Selanjutnya, tata kembali gudang dengan penyusunan lebih rapi. Hal ini akan Anda memudahkan jika sewaktu-waktu hendak mencari barang yang dibutuhkan di kemudian hari.



Sumber  : www.properti.kompas.com/Saat.Anda.Sadar.Rumah.Semakin.Berantakan.

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar