Jumat, 25 November 2011

Trik Memilih Cat dan Peruntukannya



Cat tak bisa lepas sebagai bagian dari sebuah dekorasi. Tanpa cat, suasana rumah bisa terkesan kaku.

Cat juga dapat membangun suasana hati orang-orang yang menatapnya. Ada banyak jenis cat yang dijual di pasaran. Untuk rumah kita yang umumnya terdiri atas dinding semen dan kayu, dibutuhkan jenis cat tersendiri. Namun, sebelum memoles rumah kita, sebaiknya diketahui dulu beberapa jenis cat dan peruntukannya seperti berikut ini:

Cat tembok

Cat tembok terdiri atas dua macam fungsi, yakni interior dan eksterior. Cat tembok interior digunakan untuk bagian dalam rumah. Teksturnya lebih halus dan mudah dibersihkan. Cat ini berbahan dasar air.

Kebalikan dari cat interior, cat tembok eksterior dipakai di luar ruangan dan memiliki kegunaan untuk melindungi dinding dari pengaruh cuaca. Saat ini, cat eksterior umumnya telah dirancang lemur agar lebih tahan terhadap pemuaian dan penyusutan akibat panas dan hujan. Cat ini berbahan lateks akrilik. Sementara itu, cat untuk kayu dikelompokkan atas tiga jenis, yakni cat solid, cat transparan, dan cat efek khusus.

Banyak orang sering menyebut cat solid sebagai opaque finish. Bahan yang terkandung dalam cat solid dirancang agar mampu menyebar dan menutup seluruh permukaan kayu. Jika kita punya perabot yang teksturnya tak menarik atau cacat, cat ini dapat menyembunyikan kekurangan itu dengan baik.

Cat solid masih dibagi dua jenis, yaitu cat duco dan cuaca. Hanya, harganya mahal dan membutuhkan alat penyemprot agar hasilnya optimal.

Cat minyak

Sementara itu, cat jenis minyak dapat dipulaskan dengan kuas dan harganya murah. Bila kita ingin mempertahankan warna as1i kayu, cat transparan ini bisa dipakai.

Cat ini tidak menutup permukaan kayu secara rapat. Bila elemen kayu di rumah kita mengandung serat atau tekstur yang unik, cat ini cocok untuk menonjolkan keunikan tersebut.

Salah satu jenis cat transparan untuk kebutuhan eksterior adalah pelitur. Sementara itu, cat kayu dengan efek khusus, digunakan untuk menciptakan efek, seperti tekstur granit, kesan antik, retak-retak, bahkan besi tempa.


Sumber : www.properti.kompas.com/Trik.Memilih.Cat.dan.Peruntukannya.

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar