Senin, 05 Maret 2012

Aset Properti Pemerintah Banyak yang Jatuh ke Swasta

detail berita
Jakarta (Foto: ist.)
JAKARTA - Pembangunan berbagai macam mal, apartemen, dan properti-properti mewah di berbagai kawasan di Jakarta dinilai sudah overload. Hal ini disebabkan karena birokrasi yang terbilang mudah dibeli oleh para pemilik modal.

Menyoroti hal ini, pengamat perkotaan Yayat Supratna mengatakan, pemerintah terlalu mudah memberikan izin kepada para pemilik modal untuk membangun proyek di berbagai daerah. Hingga akhirnya menyebabkan banyak aset yang seharusnya dimiliki pemerintah malah diklaim milik swasta.

"Ada beberapa kasus yang terjadi, pemerintah daerah kalah dalam kepemilikan aset lahan dan malah jatuh ke tangan swasta. Ini disebabkan birokrasi yang terlalu mudah. Pemerintah daerah seharusnya lebih mengontrol perinzinan dan sanggup untuk mengatakan tidak pada pemilik modal," tegasnya usai menjadi pembicara dalam Redbons Discussion bertajuk Untuk Jakarta Lebih Baik, yang diadakan okezone, di Jakarta, kemarin.

"Dulu ada moratorium baru yang melarang pembangunan mal lagi, eh belakangan muncul izin baru yang dikatakan izin tersebut sudah lama dikeluarkan, namun belum dilaksanakan pembangunannya. Ini kan ada yang mengganjal," paparnya.

Menurutnya, perizinan dan masalah administrasi lahan jangan dijadikan sumber keuntungan bagi pemerintah yang terkait. Pemerintah seharusnya bertindak lebih tegas dan dapat mengontrol seluruh asetnya agar tidak mudah jatuh ke tangan pihak lain.


Sumber : www.property.okezone.com/aset-properti-pemerintah-banyak-yang-jatuh-ke-swasta

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar