Jumat, 09 Maret 2012

Ruang Sejuk dengan Dinding Bernafas

detail berita
Dinding kayu terbuka (foto: griyainterior.blogspot)
DINDING bernafas tidak secara harafiah diterjemahkan sebagai dinding yang memiliki alat pernafasan. Dinding bernafas digunakan pada bangunan agar dapat memasukkan udara segar dari luar bangunan, sehingga ruangan di dalamnya terasa nyaman dan mengeluarkan udara panas dari dalam ruangan.

Penggunaan material yang cocok untuk membuat dinding bernafas sesuai dengan karakteristik material dinding tersebut. Arsitek memang harus sangat memahami material yang akan digunakan pada bangunan karyanya. Bahkan sampai pembuatannya pun, arsitek harus meletakkan hatinya pada setiap bagian material yang akan digunakan.

Agar lebih bijaksana lagi, kita bisa menggunakan material lokal karena akan lebih ringan biaya pengirimannya. Tentunya material lokal ini tidak kalah baiknya, bahkan dapat menjadi identitas lokal yang baik. Apalagi bila dalam pembangunannya menggunakan metode atau cara-cara khas kedaerahan. Selain nilai biaya yang dapat ditekan, nilai budaya dan sosialnya juga sangat baik.

Pernah seorang teman enggan membuat dinding bernafas karena beberapa alasan. Kekhawatiran pada pencurian, tidak ada privasi, ketakutan akan binatang masuk ke dalam rumah, dan kurang nyaman suhu serta kelembabannya. Apa pun alasannya, sebenarnya masalah tersebut dapat dicarikan solusi. Bila tanpa solusi, maka terjadi kegagalan pada hasil desain tersebut, mengingat arsitek diharuskan melakukan pendekatan terhadap perancangan arsitektur.

Dinding bernafas dapat digunakan untuk semua bangunan yang memungkinkan memanfaatkan penghawaan alami dengan mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan. Artinya, tentunya dinding bernafas tidak cocok digunakan untuk bangunan bertingkat tinggi, karena ada perbedaan tekanan udara di lantai atas dengan lantai bawahnya. Selain mengganggu kesehatan penghuni, hembusan angin yang demikian besar juga mempengaruhi keselamatan.


Sumber : www.property.okezone.com/ruang-sejuk-dengan-dinding-bernafas

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar