Kamis, 01 Maret 2012

Kamar Sewa Lengkap, Aman, dan Nyaman

detail berita
Foto: Rumah kost /jualrumahkost.wordpress.com
KOST atau indekost, berasal dari in de kost-turunan-frasa bahasa Belanda, di mana sebuah usaha jasa yang menawarkan kamar untuk ditinggali, dengan kompensasinya membayar sejumlah tertentu untuk setiap periode tertentu.

Dalam arti sebenarnya adalah makan di dalam, namun bila frasa tersebut dijabarkan lebih lanjut dapat pula berarti "tinggal dan ikut makan" yaitu di dalam rumah tempat menumpang tinggal.

Pada sejarahnya, in de kost merupakan satu gaya hidup kaum pribumi pada masa kolonial Belanda. Pada masa tersebut gaya hidup barat atau eropa sangat dipuja, sehingga anak kaum pribumi yang dapat tinggal bersama keluarga belanda diharapkan dapat bersikap dan berperilaku layaknya bangsa Belanda atau Eropa.

Dengan membayar sejumlah uang sebagai jaminan, anak masyarakat pribumi tesrsebut tinggal di rumah orang Belanda dengan beberapa syarat yang telah disepakati. Setelah diangkat menjadi bagian dari keluarga Belanda atau Eropa, anak masyarakat pribumi ini dapat makan, tidur, bersekolah, dan belajar sesuai dengan keluarga tumpangannya.

Diharapkan anak masyarakat pribumi ini kelak dapat hidup mandiri dengan sikap dan cara berpikir sesuai dengan kehidupan barat.

Sebenarnya arti kost sudah bergeser, mungkin akan lebih cocok disebut kamar sewa. Pada trend masa kini, menyewa kamar tidak memiliki tujuan yang sama seperti masa kolonial. Sekarang hanya sekedar menyewakan kamar dengan fasilitas yang baik dengan latar belakang bisnis, dan pemenuhan kelengkapan kebutuhan penyewa.

Bisnis penyewaan kamar (rumah kost) sedang marak di kota besar. Kebutuhan akan tempat tinggal yang satu ini, menjawab kebutuhan pekerja atau mahasiswa  yang memiliki rumah jauh dari tempat kerja atau kampus. Pada hari kerja, para penyewa tinggal di kamar sewa yang dipilih karena letak yang dekat dari tempat aktivitas sehari hari dan kembali ke rumah yang terletak jauh dari tempat aktivitas tersebut.

Efisiensi waktu dan tenaga yang menjadi mereka tinggal di tempat sewa pada hari kerja. Kebutuhan kamar sewa tidak hanya milik mahasiswa saja, sekarang sudah menjadi kebutuhan untuk para pekerja baik yang masih single maupun yang sudah menikah.

Kamar sewa yang ideal yaitu memiliki jarak jangkau yang cukup dekat dengan kantor atau kampus, memiliki fasilitas yang baik sebagai penunjang kerja dan belajar, dan memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang baik.
 
Jarak  jangkau merupakan nilai tambah yang dimiliki tempat kamar sewa ini. Semakin strategis letaknya, harga sewa pun akan dapat lebih tinggi. Apalagi bila dilengkapi oleh fasilitas yang baik, harga pun bisa semakin tinggi. Selain itu aman lingkungan dari tindak pencurian dan kejahatan.
Penggunaan tenaga security dan kelengkapan cctv penting untuk dipertimbangkan.

Tenaga security ditugaskan di luar bangunan dan di lobby bangunan. Dilengkapi pula dengan pintu pengamanan dengan security lock yang menghubungkan antara lobby dengan area kamar kamar. Keamanan yang terjamin, membuat penyewa merasa aman tinggal di dalamnya.

Tetapi diingat pula, karena jumlah penghuni pada bangunan ini cukup banyak, maka persyaratan terhadap evakuasi bahaya kebakaran dan gempa sangat diperhatikan, begitu pula penyediaan tangga darurat (jika bangunan bertingkat), tabung pemadam kebakaran, serta cara evakuasi bencana.

Arti keamanan termasuk pada saat penyewa menggunakan fasilitas, seperti pada saat menggunakan fasilitas dapur dan ruang cuci pakaian. Permukaan lantai yang cukup kasar untuk area basah, dapur memiliki cukup ventilasi dan penerangan, bentuk dan ukuran tangga yang ideal serta memiliki ukuran pijakan yang cukup baik.

Yang sering terlupa tapi sangat penting adalah penyediaan air yang cukup, pengudaraan, serta pencahayaan yang baik. Pemakaian air yang hampir serempak pada waktu yang hampir bersamaan, perlu pengaturan supplay air bersih dengan baik.

Water tank memiliki kapasitas yang cukup untuk melayani penghuni pada saat jam sibuk. Hal ini menjadi syarat utama dan penting untuk setiap pemilik kamar sewa untuk menyediakannya. Kekurangan penyediaan air, sangat mengurangi kepercayaan penyewa kamar untuk melanjutkan kembali sewa kamar.

Selain air bersih yang tersedia dengan baik, juga pembuangan air kotor dan kotoran yang tidak tersumbat. Lingkungan menjadi bersih sehingga tidak menimbulkan aroma kurang sedap dan penyakit.

Fasilitas standar yang harus disiapkan adalah kamar tidur lengkap dengan furniturenya. Dengan alasan privasi, sekarang banyak kamar sewa menyediakan kamar mandi berada di dalam kamar. Bahkan kamar sewa tertentu berkembang seperti fasilitas hotel, tentunya dengan latar belakang kenyamanan.

Fasilitas standar lainnya adalah ruang cuci pakaian dan dapur yang dapat digunakan bersama. Untuk tempat tertentu, pihak penyewa menyediakan jasa pencucian pakaian. Sedangkan untuk keperluan makan, biasanya penyewa dapat mencari di fasilitas tambahan. Fasilitas internet, cafe, dan  toko keperluan sehari hari, dapat disediakan sebagai fasilitas tambahan dari rumah sewa ini yang dapat digunakan baik oleh penyewa maupun oleh umum.


Sumber : www.property.okezone.com/kamar-sewa-lengkap-aman-dan-nyaman

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar