Jumat, 02 Maret 2012

Teknologi Rumah Anti Gempa Buatan Jepang

detail berita
Foto: Teknologi arsitektur/ inhabitat.com
JAKARTA - Didaulat sebagai negara yang sering mengalami gempa bumi, membuat Jepang terus melakukan pengembangan teknologi arsitektur. Tidak hanya untuk gedung-gedung tinggi, teknologi arsitekstur juga diterapkan untuk hunian.

Giant Airbags merupakan teknologi arsitektur terkini dari Negeri Sakura tersebut. Metode ini dikembangkan perusahaan Air Dashin Systems yang diklaim cukup mutakhir dibandingkan dengan sistem konvensional sebelumnya.

Seperti yang disitat laman Gizmodo, Jumat (2/3/2012), giant airbags memungkinkan untuk memperkecil dampak gempa melalui sensor yang dipasang pada rumah atau bangunan lalinnya.

Sensor ini akan mengaktifkan kompresor udara yang sangat besar, yang telah ditanam pada fondasi rumah. Dengan demikian, rumah akan "melayang" setinggi tiga sentimeter dan perlahan bergoyang.

Dengan kondisi tersebut, rumah juga terhindar dampak langsung dari rambatan gelombang. Pemilik rumah juga bisa tetap berada dalam rumah ketika gempa berlangsung karena getaran akan diredam oleh katup udara, dan tidak perlu khawatir rumah akan bergeser, karena katup ini akan membuat rumah kembali ke posisi semula.

Sistem ini sementara sudah terpasang di 88 rumah di seluruh Jepang. Rencananya, sistem kantung udara tidak hanya untuk rumah, tetapi juga untuk struktur yang lebih besar seperti gedung pemerintah, perkantoran, apartemen, dan patung-patung bersejarah.

Sumber : www.property.okezone.com/teknologi-rumah-anti-gempa-buatan-jepang

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar