Selasa, 28 Juni 2011

Booming Taman Hiburan Bisa Jadi Bumerang Bagi Pengembang




Jakarta - Tren para pengembang berlomba-lomba membangun taman hiburan (theme park) diharapkan bisa mendorong sektor properti. Namun dengan semakin menjamurnya taman hiburan justru akan menjadi bumerang bagi para pengembang

CEO Leads Property Hendra Hartono mengatakan saat ini pola pembangunan taman hiburan sudah berkembang ke segmen pasar regional. Sebelumnya lokasi-lokasi semacam ini hanya berada di skala nasional seperti Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.

Hendra menuturkan sebagai negara berkembang, menggeliatnya taman hiburan di Indonesia bukan hal yang aneh. Selain sebagai pusat rekreasi segala umur, lokasi dibangunnya taman hiburan bisa menjadi pendorongnya suatu kawasan seperti hunian maupun perhotelan.

Ia mencatat saat ini pembangunan taman hiburan bukan hanya berkembang di Jawa maupun Bali sajam namun sudah berkembang ke luar wilayah tersebut. Minat warga asing pun seperti dari Singapura maupun Malaysia cukup tertarik dengan lokasi-lokasi theme park regional.

"Dengan adanya theme park diharapkan daerah sekitar berkembang, yang menjadi pertanyaan, banyaknya theme park maka akan saling bersaing," katanya kepada detikFinance, Selasa (28/6/2011).

Ia mengilustrasikan keberadaan taman hiburan ibarat seperti pusat perbelanjaan atau mal. Jika taman-taman hiburan itu tak memiliki perbedaan atau tetap menawarkan hal yang sama maka hukum alam siapa yang kuat yang akan menang berlaku.

"Persoalan besar lainnya bagaimana mereka biaya perawatan yang tak murah," katanya.

Lokasi-lokasi taman hiburan yang bakal terus berkembang menurut Hendra mencakup Bali dan Lombok. Di kawasan Jabodetabek, kawasan Jonggol masuk dalam rencana pengembangan bisnis hiburan tersebut.

"Tapi kalau temanya sama siapa yang bisa bertahan maka dia bisa hidup," katanya.

Seperti diketahui beberapa pengembang seperti PT Global Land Development Tbk berencana akan membangun theme park di Jawa atau Bali. Perseroan akan menggunakan lahan kurang lebih 200 hektar dengan nilai proyek hingga Rp 6 triliun.

Hal yang sama pun dilakukan oleh PT Bakrieland Development Tbk, berencana membangun taman hiburan kelas dunia layaknya Disneyland di kedua area Jonggol dan Lido. Belum lama ini Para Group melalui Trans Corp sudah merealisasikan pembangunan Trans Studio Theme Park di Bandung Jawa Barat.

Sumber : www.finance.detik.com/booming-taman-hiburan-bisa-jadi-bumerang-bagi-pengembang

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar