Senin, 27 Juni 2011

Tol Medan—Kuala Namu siap dilelang

JAKARTA: Kementrian Pekerjaan Umum akan melelang proyek tol Medan-Kualanamu paling lambat pada Juli 2011.

Dirjen Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto mengatakan kontrak proyek dengan nilai sekitar Rp1,75 triliun itu diharapkan sudah diteken kontraknya pada Juni 2011, sehingga pada Juli 2011 kegiatan konstruksi proyek itu bisa dilaksanakan.

"Kita harapkan konstruksi bisa dilaksanakan pada Juli 2011, karena Juni ini diperkirakan kontrak proyek sudah ditandatangani," ujarnya kemarin.

Pembebasan lahan proyek jalan tol Medan-Kualanamu kini telah capai 40%, sehingga pemerintah optimis pada akhir Juni 2011 nanti kontrak proyek tersebut sudah bisa diteken.

Terkait denga pengadaan lahan, Djoko mengatakan saat ini sudah mencapai sekitar 40-50% terealisasi, dan ditargetkan pada 2012 seluruh pengadaan lahan bisa rampung diselesaikan. Proses pengadaan lahan itu, menurutnya cukup sesuai jadwal yang diperkirakan sebelumnya.

Dia menjelaskan setelah kegiatan konstruksi tol yang menjadi bagian dari pemerintah tersebut, diharapkan akan segera dilanjutkan dengan proses lelang proyek tol yang menjadi bagian dari proyek yang akan dikerjasamakan dengan swasta dengan pola pembiayaan public private partnership.

Pasalnya dengan dilaksanakannya proyek yang menjadi kewenangan pemerintah itu, juga menjadi jaminan dari kepastian kelanjutan proyek itu sendiri bagi swasta.

Apalagi, proyek tol PPP hingga Tebing Tinggi itu merupakan salah satu dari lima proyek show case lima proyek PPP yang telah dinyatakan siap lelang oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal saat ini.
"Karena ini merupakan bagian dari proyek PPP prioritas pemerintah, kami juga berusaha menggenjot pelaksanaannya," tambahnya.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan sebelumnya menyatakan pengadaan proyek tol Medan Kualanamu yang akan dibiayai dengan pola PPP akan mendapat jaminan dari PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) yang akan memberikan jaminan pada proyek tersebut.

Jaminan tersebut merupakan jaminan berupa cash seperti asuransi yang akan menjamin pembiayaan proyek jika sewaktu-waktu terjadi keterlambatan pembayaran.

Sumber :  www.bisnis.com/medankuala-namu-siap-dilelang

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar