Rabu, 01 Juni 2011

Penjualan Rumah Kuartal II-2011 Naik 15 Persen



JAKARTA,Pembangunan perumahan bakal terus bergairah. Ketua Umum Real Estate Indonesia, Setyo Maharso berpendapat, pada kuartal II tahun ini penjualan rumah akan naik 15 persen ketimbang periode sama di tahun lalu.

Setyo melihat, yang mendominasi adalah rumah seharga Rp 200 juta sampai Rp 500 juta. Tak hanya di Jabodetabek, di luar Pulau Jawa juga demikian. "Daerah seperti Lampung, Batam, Manado, dan beberapa di Sulawesi Selatan, sudah mulai ekspo. Para pengembang mengaku kenaikan sudah 100 persen dari target mereka," kata Setyo, Selasa (31/5).

Untuk skala tahunan, 2011 ini diramalkan penjualan rumah naik minimal 15 persen dari tahun 2010 yang sebanyak 120.000 unit. Adapun rumah menengah ke bawah, berkontribusi sekitar 55 persen - 60 persen. Sedangkan rumah mewah sebesar 30 persen.

Sementara pengamat properti Panangian Simanungkalit mengatakan, tahun ini penjualan landed house bertumbuh 15 persen sampai 20 persen ketimbang tahun lalu. Permintaan rumah menengah ke atas yang seharga harga Rp 700 juta sampai Rp 1 miliar ke atas masih terus mendominasi pasar. "Ini karena kegandrungan masyarakat untuk tinggal di perkotaan kian gencar," kata Panangian.

Kegairahan permintaan properti tergambar lewat properti jualan PT Lippo Cikarang yang meluncurkan Oakwood, kluster baru di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada 28 Mei 2011. Dalam sehari, 100 persen dari 83 unit rumah sudah habis terjual. Kluster ini dibangun di atas lahan seluas 8 hektare (ha).

Ria Sormin, Manager Hubungan Masyarakat PT Lippo Cikarang Tbk. menjelaskan harga rumah yang ditawarkan berkisar Rp 800 juta hingga Rp 1,1 miliar. "Oakwood untuk kelas menengah ke atas (middle-up)," kata Ria, Selasa.

Untuk tahap kedua, PT Lippo Cikarang berencana meluncurkan 73 unit rumah dalam kluster Oakwood Juni ini. Oakwood merupakan klaster ke-6 dari Mega Kluster The Elysium Residence besutan Lippo Cikarang. Lima 5 kluster lainnya, Elysium Garden, Le Jardin, Ivory Garden, Greenwood, dan Florencia. Landed house di atas lahan 126 ha itu sudah terjual.

Pengembang lain yang juga konsentrasi dalam properti perumahan tak lain PT Bumi Serpong Damai. Dalam tahun ini bakal diluncurkan sedikitnya 10 kluster baru di kawasan BSD City, Tangerang. "Mayoritas di De Park. Tahun ini kami konsentrasi ke proyek De Park," jelas Senior Corporate Secretary BSDE, Feniyanti.

Hunian berkonsep elite itu dibangun di atas lahan seluas 66 ha. Setiap kluster terdiri dari 100 hingga 200 unit rumah. Dengan harga tanah Rp 3,8 juta per m2 di Tangerang, kisaran harga rumah dilego mulai Rp 700 juta sampai Rp 2,5 miliar.

De Park diluncurkan akhir 2010 lalu. Dari seluruh unit rumah yang terjual di BSD City hingga pengujung Mei ini, sekitar 80 persen sudah terjual. Tahun ini PT BSD menargetkan penjualan mencapai Rp3,4 triliun. Target itu naik sekitar 50 persen dari penjualan tahun lalu sebesar Rp 2,3 triliun yang didominasi landed house.

Sumber : www.properti.kompas.com/Penjualan.Rumah.Kuartal.II-2011.Naik.15.Persen

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar