Rabu, 06 April 2011

Safei Harjadinata: Pengembang Muda Harus Siap Mental


     Menjadi seorang pengembang muda, yang baru berkecimpung dalam dunia properti harus siap mental. Itulah yang menjadi semangat Safei Harjadinata (38), Direktur Utama pengembang perumahan Puri Handayani.

Safei menceritakan pengalaman awalnya ketika memutuskan menjadi pengembang properti, dimana mental sangatlah penting. "Kalau mental pengusaha enggak ada ya sudah selesai. Ketika dihantam angin umpamanya, dia harus tegak lagi. Nanti lama-lama juga akan kokoh. Di awal sebagai pengembang memang berat, lengah dan menyerah ya sudah habislah," cerita Safei ketika ditemui di kantornya, di Jatiasih, Bekasi beberapa waktu lalu.

Kendala permodalan di awal merintis karir sebagai pengembang juga dirasakan oleh ayah dua putra ini. "Kesulitan yang dialami di awal adalah permodalan. Bagaimana meyakinkan pihak bank untuk proyek-proyek perumahan juga sulit," kata Safei.

Menurut pria yang sudah terjun di bidang properti sejak tahun 1996 ini, investasi ke depan cukup sulit lantaran jumlah modal yang ia punya tidak cukup banyak, sementara perbankan belum mempercayai pihaknya. "Setelah kami ada 1-3 proyek, bank mulai merespon dan kesulitan permodalan bisa teratasi. Kalau waktu masa-masa sulit saya mengakali dengan cara berpartner/rekanan kerja," jelasnya.

"Ya pinjam sama kolega atau rekan, tapi dengan jaminan pengembaliannya cepat. Atau kepepetnya menjual aset dulu untuk mendatangkan modal," papar Safei menceritakan kisahnya.
Bermodal awal Rp 50 Juta pada tahun 2004, kini Safei telah memiliki aset sebesar Rp 22 Miliar. "Saya mentargetkan 2011 ini, aset bisa menjadi Rp 30 Miliar. Sedikit-sedikit saja tapi proyeknya jelas," ujarnya.

Terjun dalam dunia properti tahun 1996 sampai akhir 2004, Safei merasa yakin akan lebih menguntungkan apabila membangun perusahaannya sendiri. Berbekal pengalaman kerjanya, ia membangun proyek perumahan pertamanya bernama Bentara Residence, Bekasi Barat. "Awalnya bangun 15 unit ternyata habis, lalu tahap kedua 30 unit habis juga. Saya percaya diri dan membangun lagi menjadi Bentara 1,2 dan 3," katanya.

Tujuh tahun menjadi pengembang, Safei telah memiliki 8 perumahan. Bintara 1, Bintara 2, Bintara 3, Pekayon Residence, Grand Jati Asih, Cijantung Residence, Grand Cibubur Village, Tanah Baru Permai di Depok. "Bulan Juli kami mau luncurkan di Karawang dan Bekasi Timur tepatnya di Mustika Sari," ujarnya.

Memiliki beberapa proyek perumahan, Safei mengakui Grand Cibubur Village dan Grand Jati Asih sebagai andalan. "Dua perumahan ini andalan kami, tadinya sasaran kami menengah, untuk dua perumahan ini mulai menengah ke atas. Biasanya kami memakai rangka kayu, tapi untuk dua perumahan ini sudah memakai rangka baja ringan," ujarnya.

Sukses di proyek perumahan, tak lantas membuat Safei tergoda melirik proyek properti lainnya. Perhitungan yang tepat selalu ia utamakan. "Ada keinginan membangun selain perumahan misal apartemen. Tapi kami belum berani saat ini, kalau tidak tepat hitungannya malahan menjadi bumerang buat kami," ujarnya. 


Sumber : http://properti.kompas.com/read/2011/04/06/15405833/Safei.Harjadinata.Pengembang.Muda.Harus.Siap.Mental
Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar