Senin, 30 April 2012

Kenali Ragam Home Furnishing

RAGAM home furnishing atau perabot rumah tangga kini hadir dalam berbagai gaya, mulai furnitur, karpet, hingga soft furnishing. Anda harus menyimak langkah yang bisa dijadikan pilihan untuk melengkapi tampilan dekorasi rumah.

Rumah mencerminkan kepribadian dan gaya hidup pemiliknya, mulai dari pilihan furnitur, tirai yang menjuntai dengan elegan di jendela, hingga ke berbagai elemen dekoratif lain. Penggunaan perabot bakal menciptakan karakter dan suasana hati dalam ruangan. Lalu,tampilan seperti apa yang Anda inginkan? Simpel, mewah, atau elegan? Mix and match perabot rumah merupakan langkah jitu untuk menciptakan tampilan yang apik.

"Aplikasi soft furnishing dalam sebuah hunian,selain sebagai elemen dekoratif, juga akan menciptakan atmosfer kenyamanan. Ada banyak ragam soft furnishing, mulai upholstery, tirai, bantal, bed cover, seprei, taplak meja, dan runner," kata desainer interior Susan Octari Yauwhan. Cantik atau tidak sebuah tatanan interior salah satunya ditentukan oleh soft furnishing. Selain itu, soft furnishing juga mampu menciptakan efek luar biasa pada sentuhan tatanan interior rumah.

Susan menambahkan, satu home furnishing selalu memiliki material pembentuk, yang umumnya menggunakan bahan kain atau fabric, mulai sutra, nilon, katun, jacquard, chenille, hingga suede. Sutra merupakan jenis kain yang selalu digunakan untuk pembungkus sofa atau tirai karena kain ini memiliki keindahan serta kekhasan tersendiri sehingga dapat mempercantik sudut ruang. Ada baiknya Anda menggunakan warna yang tepat untuk soft furnishing agar bisa memberi tampilan baru dan masuk dalam sebuah ruangan. Misalkan Anda dapat memadukan warna terang dan gelap untuk menciptakan warna kontras yang menarik.

"Permainan pola di salah satu sudut atau ruangan, seperti jendela dan kamar kecil, juga bisa menciptakan efek kuat sekaligus menjadi eye catching. Namun, sebaiknya pilih pola kecil agar tidak terlihat mendominasi ruangan," kata Susan. Untuk dapat menciptakan keharmonisan ruang, harus dilakukan padu-padan secara selaras. Tidak harus menggunakan satu warna saja pada ruangan karena warna turunan atau mix and match warna juga bisa menampilkan harmonisasi yang apik.

"Tiap pemilik rumah harus memiliki color scheme untuk memberikan arahan warna furnishingyang diinginkan. Apakah warna earth dantone seperti cokelat, terakota, atau moka, atau bisa juga menggunakan berbagai warna yang sangat kontras dengan warna ruangan," ujar Susan.

Selain itu, Anda pun perlu memperhatikan bentuk dan ukuran sofa terhadap dimensi ruangan. Apakah sofa akan ditempatkan di tengah ruang atau disudutkan ke bagian dinding? Jika Anda ingin sofa diletakkan di tengah ruangan, belakang sofa yang akan terekspos harus terlihat graceful dan tidak kaku. Bisa juga ditata sedikit melengkung supaya terlihat lebih indah.

"Untuk ruangan yang besar, gunakan oversized sofa. Sementara untuk ruangan kecil bisa menggunakan sofa mini sehingga dimensi ruang terlihat proporsional," ungkap Susan. Pengaplikasian home furnishing bukan sebatas pada penggunaan sofa. Material yang kreatif dan variatif juga bisa menjadikan tatanan interior semakin menawan, seperti melalui penggunaan lampu gantung dan table lamp. Untuk aksesori yang satu ini tidak harus selalu tampil matching dengan warna ruangan atau dekorasi yang lain.

Anda juga tidak harus selalu terpaku memakai lampu gantung kristal karena table lamp biasanya juga memiliki gaya tersendiri yang bisa menjadi point of interest di ruangan. Terakhir, tambahkan rug atau permadani di salah satu bagian ruangan. "Fungsi permadani bukan saja untuk memperindah ruangan, juga mempersatukan berbagai jenis home furnishing seperti sofa, coffee table, side table, dan floor lamp," sebut Susan.


Sumber : www.property.okezone.com/kenali-ragam-home-furnishing

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar