Selasa, 24 April 2012

Menciptakan Kolam Ikan di Halaman

detail berita
(foto: aryo.gardeningdesign.blogspot)
JIKA Anda memiliki sedikit lahan di halaman yang selama ini hanya ditanami beberapa jenis tanaman, mulai sekarang Anda bisa memberikan sentuhan yang alami dengan menambahkan kolam ikan.

Memandang ikan di kolam sambil diiringi suara gemericik air bisa memberikan sensasi berbeda. Namun, bila lahan yang tersedia tidak memungkinkan, Anda jangan langsung berputus asa. Seberapa besar atau kecil lahan yang Anda miliki, tetap bisa disulap menjadi kolam ikan yang tampil cantik dan menawan.

Menurut desainer interior Ade Lesmana, kolam ikan bukan lagi sekadar hiasan atau pelengkap eksterior di rumah. Namun, kolam tersebut bisa juga berfungsi menghilangkan kebosanan akibat rutinitas sehari-hari.

Kehadiran kolam ikan juga dapat membantu memberikan sensasi menenangkan melalui suara gemericik airnya. Anda bisa mulai menata kolam ikan dengan memberikan sentuhan tanaman di pinggirnya.

Selain dapat mempermanis wajah kolam,tanaman juga berfungsi sebagai filter biologis yang dapat menyerap amonia,nitrit,dan nitrat metabolisme ikan. Tanaman juga akan membantu kolam terlindung dari sengatan sinar matahari langsung sehingga lumut tidak muncul.

"Tempatkan filter dalam kolam. Sebaiknya posisi filter agak tersembunyi. Biasanya dibuat dua bak.Bak pertama digunakan untuk menyaring air dari kolam utama,dan bak kedua menyaring air dari bak pertama," kata Ade. Bila Anda menaruh pompa, kuncinya adalah harus rajin membersihkan kotoran yang menempel di lubang isap pompa dan tidak menyalakan pompa pada saat tidak ada air. Perawatan yang bisa dilakukan secara rutin, yaitu membersihkan kolam.

Biasanya waktunya sangat bergantung pada ukuran kolam serta jumlah dan jenis ikan. "Idealnya kolam dibersihkan sehari dua kali untuk tetap menjaga kelembapannya," sebut Ade.

Sumber : www.property.okezone.com/menciptakan-kolam-ikan-di-halaman

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar