Senin, 30 April 2012

Tips Sederhana Merenovasi Rumah (1)

detail berita
Ilustrasi (foto: fugoolive.com)
MERENOVASI rumah tidak perlu menhabiskan dana besar. Banyak kiat sederhana yang dapat diaplikasikan saat memperbaiki atau memperindah ruang hunian, di antaranya :

1. Fungsi Lain Selotip
Memaku di dinding kerap menimbulkan masalah baru. Paku terpasang kuat, tetapi dinding di sekitar akan retak. Untuk mengatasinya, tempelkan selotip di area dinding yang hendak dipaku. Selanjutnya, Anda dapat mulai memasang paku di dinding yang telah dialasi tersebut. Alhasil, paku terpasang baik dan dinding di sekitarnya tidak retak. Lepas selotip secara perlahan agar cat tak ikut terkelupas.

2. Ruang Terkesan Luas
Sadarkah Anda bila ruang yang sempit bisa terkesan luas bagi penggunanya secara psikologis? Kiatnya, tutup tembok Anda dengan cat berwarna terang, seperti putih gading, pastel, pink, maupun hijau pucat. Letakkan cermin besar di salah satu sisi ruang. Kiat tambahan, gunakan perabot berukuran lebih rendah dari pandangan mata atau bentuk cenderung horizontal.

3. Pelumas dari Minyak Jelantah

Minyak jelantah adalah minyak goreng bekas pakai. Sebelum membuangnya, cek engsel pintu, jendela, lemari, kunci gembok, bahkan rantai sepeda. Apabila berderit dan agak macet, oleskan minyak jelantah pada bagian yang berderit hingga tidak lagi berbunyi saat dibuka-tutup. Pastikan minyak jelantah bukan sisa menggoreng lauk-pauk yang umumnya meninggalkan bau amis.

4. Mengecat Tangga
Saat mengecat tangga, lakukan secara berselang-seling pada anak tangga kesatu, ketiga, kelima, dan seterusnya agar tangga masih dapat dilewati meski cat belum kering atau Anda masih mengerjakannya. Setelah cat mengering, baru cat anak tangga kedua, keempat, keenam, dan sisanya.

5. Alternatif Terpentin
Terpentin sering kali digunakan untuk membersihkan noda cat. Namun, jika kulit Anda yang terkena percikan atau tumpahan cat, gunakan minyak zaitun sebagai alternatif. Selain dapat membersihkan noda, minyak zaitun dapat menghaluskan kulit. Pilihan lain, keju atau margarine bisa juga digunakan untuk membersihkan noda cat yang mesih baru di kulit.

6. Kuteks Mengilapkan Gagang Pintu

Gagang pintu (handle) berwarna emas lebih mudah pudar jika terlalu sering digunakan. Ada trik menarik untuk menjaga kilau warna handle, sekaligus membuatnya awet. Oleskan cat kuku (kuteks) berwarna bening secara merata, lalu diangin-anginkan. Pastikan kuteks benar-benar telah kering sebelum handle pintu dipasang.


Sumber : www.property.okezone.com/tips-sederhana-merenovasi-rumah-1

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar