Kamis, 26 April 2012

Memperindah Fasad Rumah

FASAD merupakan tampilan wajah depan rumah yang bakal menciptakan kesan pertama. Wujud fasad bahkan bisa diartikan sebagai gambaran keinginan dan karakter sang penghuni rumah.

Dalam pembentukan fasad, kriteria estetis dan pertimbangan lain, seperti lingkungan dan kondisi iklim sangat memberikan pengaruh terhadap tampilan yang akan dihasilkan. Pada pembuatan struktur fasad, tema dan kesesuaian dengan lingkungan, bentuk, warna, material, serta sisi point of interestnya mampu menciptakan detail tertentu di tiap sisi.

"Tema untuk fasad selalu disesuaikan dengan keberadaan lingkungan di sekitar rumah. Hal ini supaya fasad terlihat lebih menyatu dengan lingkungan sekitar," kata arsitek Haris Prabawa. Anda pun pasti memiliki keinginan tampil berbeda. Untuk itu, saat ingin mengubahnya, Anda harus tetap memperhatikan keselarasan dengan keseluruhan areal yang ada di sekitar rumah. Untuk tampilan rumah mungil, ada baiknya memilih tema yang tidak rumit supaya tetap terkesan luas dari depannya.

"Pengolahan bentuk fasad biasanya berdasarkan tema serta kondisi iklim dan lingkungannya. Sebisa mungkin menggunakan bentukan berkanopi untuk meminimalkan dampak panas dan tempias akibat curah hujan," ujar Haris. Untuk tampilan rumah mungil, bentuk minimalis yang praktis bisa Anda jadikan pilihan. Sementara untuk rumah yang memiliki lahan cukup luas, pemilihan gaya fasad dapat disesuaikan dengan keinginan Anda sendiri dan boleh menciptakan kreasi yang lebih ekspresif dari berbagai macam gaya seperti klasik, tradisional, bahkan modern.

Anda juga bisa memberi sentuhan trik pada tampilan fasad dengan mengaplikasikan warna yang bakal menciptakan kesan tersendiri. Pengolahan warna dapat memberikan kejutan kepada siapapun yang mengamatinya. Warna juga bisa menjadi point of interest untuk sebuah rumah yang berada di satu kawasan.

"Saat ini warna minimalis sedang digemari untuk dipadupadankan dengan berbagai kombinasi material lain. Pada tahun mendatang, kecenderungan untuk memberikan warna yang lebih hidup akan menjadi tren," ujar Haris.

Dalam pengaplikasian warna,yang terpenting adalah harus disesuaikan dengan tema dan komposisi warna lain serta material yang akan dipergunakan untuk menambah cantik tampilan fasad rumah Anda. Tidak hanya warna, pengolahan material, kombinasi penggunaan material yang berbeda, pengaplikasian tekstur, serta eksperimen penggunaan material juga patut Anda terapkan di fasad.

Material yang sama apabila ditampilkan secara kreatif bakal menciptakan kesan tampilan yang berbeda. Pemilihannya pun harus disesuaikan dengan iklim dan keselarasan si pemilik rumah. Tentu yang terpenting pula, samakan dengan tampilan gaya hunian Anda.

"Bila ingin menggunakan aksen natural seperti batu alam, yang perlu dicermati adalah pemilihan ukuran yang harus tepat agar kelak tampilan fasad tidak berkesan terlalu berat," tutur Haris. Detail-detail khusus merupakan aksen pada keseluruhan bangunan dan memberi kesan yang tidak monoton. Detail itu bisa berupa bentuk, warna, maupun material yang berbeda. Pemilihannya tidak harus terpaku pada luas bangunan yang besar, tapi juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yang terpenting, rumah dapat terlihat semakin cantik dengan hadirnya aksen-aksen pemanis tersebut.

Sebagai sentuhan terakhir, Anda bisa menambahkan ragam pencahayaan untuk memperindah tampilan fasad. Pencahayaan pada fasad tentu sangat berbeda dengan pencahayaan di bagian dalam hunian. Untuk fasad rumah, permainan cahaya downlight dan uplight bisa membuat wajah rumah menjadi lebih menarik. "Tempatkan beberapa lampu downlight untuk menerangi sejumlah sudut fasad secara general. Bisa juga ditempatkan pada bagian yang ingin ditonjolkan, seperti tiang dan beberapa tanaman yang ada di depan fasad," sebut Haris.


Sumber : www.property.okezone.com/memperindah-fasad-rumah

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar