Jumat, 27 April 2012

Lift, Memudahkan Namun Berbiaya Besar

detail berita
Lift di dalam rumah, memudahkan hidup namun berbiaya besar. (Foto: Inclinator)
TREN terbaru dalam arsitektur rumah di luar negeri adalah pembangunan lift. Lift menjadi pilihan karena memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk penghuni rumah.

Secara umum, ada tiga jenis utama lift. Yang pertama adalah dengan sistem hidrolik. Lift jenis ini cukup memakan banyak ruang di rumah. Pasalnya, Anda juga harus membuat sebuah ruang mesin untuk menempatkan peralatan yang menjalankan lift.

Jika Anda sedang membangun rumah, tipe ini bisa menjadi pilihan. Karena Anda bisa mendesain penempatan lift dan ruang mesin.

Agar lift menyatu dengan dekorasi rumah, Anda bisa menggunakan panel dan pintu cantik dari kayu sebagai pintu masuk lift. Harus dipahami bahwa modernitas tidak berarti harus selalu tampil futuristik.

Tipe kedua lift disebut sebagai lift traksi atau lift tanpa ruang mesin (Machine room-less/MRL). Seperti namanya, lift ini tidak membutuhkan sebuah ruangan untuk menempatkan mesin yang menjalankan lift.

Lift ini hanya membutuhkan ruang tambahan di atasnya untuk menjalankan peralatan. Jika Anda sedang merenovasi rumah, lift ini bisa menjadi pilihan karena tidak memakan ruang terlalu banyak.

Lift pneumatik adalah tipe ketiga. Lift jenis ini merupakan inovasi terbaru. Tabung polikarbonat raksasa ini dengan tabung terpisah ini bekerja dengan tekanan udara. Tabung dengan diameter 37 inci dapat dipasang tanpa harus membangun poros atau ruang mesin.

Kenapa lift ini tidak membutuhkan ruang mesin? Karena ada kotak pompa yang menjalankan lift dengan tinggi 11 inci dan diameternya sama seperti tabung.

Meski lift ini tidak membutuhkan poros, sehingga lebih mudah untuk dipasang, Anda harus memiliki pintu yang cukup lebar untuk memasanganya. Pasalnya, pintu lift yang berbentuk lingkaran membutuhkan lebar 39 inci agar bisa dilewati. Umumnya, sebagian besar pintu rumah memiliki diameter 36 inci atau kurang.

Jadi, berapa biaya untuk membuat lift? Di Indonesia, tidak ada data pasti menggenai hal ini. Namun seperti dikutip dari Houzz, Rabu (25/4/2012), di Amerika Serikat, biaya pembuatan lift bervariasi.

Biayanya mulai dari USD15 ribu atau setara dengan Rp137,8 juta (Rp9,100 per USD) hingga USD25 ribu (Rp229,7 juta), tidak termasuk biaya pembuatan poros atau ruangan mesin atau elektronik lift.

Biaya ini juga dipengaruhi oleh jumlah lantai yang akan dilalui lift dan material lift. Anda bisa memilih lift dengan ukuran kecil atau sederhana. Atau jika ingin tampilan mewah, Anda bisa memilih panel dari kayu, batu, mosaic, kaca, atau ornamen lainnya.

Hal lain yang harus ada di dalam lift adalah telepon. Ini berguna sebagai telepon darurat seandainya terjadi gangguan di dalam lift. Jika ditotal, biaya untuk membuat lift berkisar USD100 ribu (Rp918,9 juta).


Sumber : www.property.okezone.com/lift-memudahkan-namun-berbiaya-besar

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar