Senin, 12 Maret 2012

Tampilan Alami dengan Penutup Lantai

detail berita
Foto: koral hias/ hermawanrizal.blogpress.com
LANTAI adalah landasan pada sebuah bangunan. Lantai yang kita pijak pada hunian tentu harus ditutup agar menjadi nyaman dan tampak lebih indah. Kalau mau yang tampil alami, batu koral sikat dan kayu bisa dijadikan alternatif penutup lantai di rumah.

Koral merupakan batu alam yang biasanya dijadikan pelengkap pada taman atau disusun seperti mozaik pada lantai rumah. Fungsinya mencegah lantai licin dan menghadirkan keindahan lantai, baik di luar maupun di dalam hunian. Fungsi batu koral sejatinya bukan hanya sebagai pemanis rumah.

Ada banyak orang yang memfungsikan koral sikat sebagai alternatif pemeliharaan kesehatan atau alat pijat refleksi pada kaki karena koral sikat permukaannya lebih dibuat menonjol. Varian batu koral hias atau pebbles sangat beragam, mulai tekstur hingga bahannya. Dari yang berukuran kecil sampai besar, halus dan kasar, hingga berwarna-warni, semuanya dapat Anda gunakan sebagai elemen penghias rumah.

Arsitek Haris Prabawa menuturkan, banyak cara untuk mengaplikasikan batu koral dalam dekorasi rumah. Biasanya yang paling sering, batu koral ditebar pada tempat yang telah dibuat khusus, seperti taman dengan bentuk tebaran yang sesuai keinginan.

Namun, batu koral juga bisa ditaburkan di lantai dalam rumah sebagai bagian dari elemen interior. "Pada interior, batu koral bisa dibuat sebagai pemisah antara ruang satu dan yang lain. Bisa juga sebagai penghias dinding dengan cara ditempel atau disusun seperti mozaik," kata Haris.

Jika Anda menginginkan batu koral menghiasi dinding rumah, maka tempelkan batu koral pada adukan semen, kemudian setelah mengering disikat dengan sikat baja. Hal ini dilakukan supaya sisa-sisa semen tidak menutupi permukaan koral hias.

Koral yang telah menyatu dengan adukan semen tadi dapat digunakan sebagai lantai carport, teras, bahkan dinding rumah. Koral hias merupakan elemen penting untuk menciptakan kesan back to nature pada hunian Anda. Koral hias memiliki peran sebagai penghias elemen pada taman, teras, atau sudut ruangan yang bisa menambah nilai estetika lingkungan sekitar.

"Batu koral juga bisa dijadikan kombinasi untuk menyeimbangkan material lunak atau soft cape karena bebatuan merupakan material keras di sebuah taman. Selain bersifat dekoratif, batu koral yang ditabur dapat berfungsi sebagai resapan air," sebut Haris.

Hamparan batu koral di taman juga sangat bermanfaat dari segi kesehatan. Koral dapat difungsikan sebagai ornamen relaksasi. Anda bisa mendesain "taman terapi" di rumah dengan menebarkan atau menyusun batu koral dengan tinggi-rendah serta besar-kecil yang diinginkan agar sesuai dengan telapak kaki.

Hanya, menurut Haris perlu diingat, sebaiknya pilih batu yang tidak terlalu runcing atau tajam karena hal ini akan melukai kaki Anda. Sebaiknya carilah batu koral berbentuk oval berdiameter satu hingga dua cm. Banyak jenis batu koral hias yang dapat Anda jadikan elemen dekorasi, seperti koral Lampung, batu alor Surabaya, Ambon, Bengkulu, hingga batu Flores.

Harga batu koral hias yang ditawarkan pun sangat bervariasi, sesuai dengan ukuran dan halus-tidaknya permukaan batu koral tersebut. Anda juga bisa membuat batu koral sikat di rumah sendiri dengan menyediakan medianya.

"Media untuk membuat koral sikat biasanya lantai carport, lantai teras, atau lantai tangga. Tapi, sebelum koral dipasang, usahakan permukaannya dibuat kasar agar semen dan bidang lantai bisa menyatu," ujar arsitek Denny Setiawan.

Adanya media ini agar motif mozaik koral sikat bisa sesuai dengan ukuran permukaan bidang lantai. Selain itu, sediakan pula cetakan yang bisa Anda buat dari besi atau kayu. Yang penting untuk Anda ketahui, ada baiknya cetakan atau pembatas dilumuri dengan oli terlebih dahulu supaya tidak mengering dan mudah dilepaskan, kemudian baru Anda tempelkan pada permukaan lantai atau dinding.

Selanjutnya, untuk bagian terakhir, adalah merawat koral hias. Terutama jika diletakkan di luar ruangan, tidaklah sulit. Saat cuaca panas, lumut yang menempel pada permukaan batu akan menghilang dengan sendirinya.

Sementara pada saat hujan, debu dan kotoran akan mudah dibersihkan. Nah, bila Anda menggunakan koral di dalam ruangan tertentu, misalkan kamar mandi, Anda harus membersihkannya sendiri.

Caranya dengan memasukkan koral hias ke dalam ember yang telah diisi air, lalu masukkan cairan pembersih porselen. Dengan begitu, koral Anda akan selalu tampak cantik alami.

Sumber : www.property.okezone.com//tampilan-alami-dengan-penutup-lantai

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar