Selasa, 03 April 2012

Kisaran Biaya Instalasi Panel Surya

detail berita
Panel surya pada rumah tinggal (foto: ist.)
JAKARTA - Ada dua jenis instalasi panel surya yang bisa diterapkan, masing-masing berkaitan dengan peralatan pedukung yang digunakan.

Pertama, On Grid System Installation (Intalasi Panel Surya tanpa Menggunakan Baterai). Peralatan yang di gunakan adalah On Grid Inverter yang bisa di koneksi langsung dengan sumber listrik dari PLN atau sumber listrik lain. Kedua, Off Grid System Installation (Instalasi Panel Surya menggunakan Baterai). Untuk Intalasi Off Grid dengan sistem DC, perlatan yang digunakan adalah panel surya, controller, dan baterai. Untuk mengubahnya menjadi arus AC, harus ditambahkan inverter.

"Untuk pemasangan atau penginstalan peralatan-peralatan tersebut, bisa dilakukan sendiri, terutama untuk panel surya dengan kapasitas kecil (60 wp). Tetapi untuk skala besar dan terkoneksi dengan banyak jaringan, diperlukan keahlian khusus untuk proses instalasinya," kata Product marketing & LED Light Marketing Development, Sharp Electronics Indonesia Chaqoqo, dilansir situs ESDM, Senin (2/4/2012).

Penghitungan Biaya
Chaqoqo memberi simulasi untuk kapasitas listrik terpasang 450 watt, yang perlu diperhatikan adalah kapasitas listrik yang terpakai.
Contoh listrik digunakan untuk kebutuhan sebagai berikut:
1 unit Kulkas 100 watt, dipakai 24 Jam = 2400 wh
1 unit LCD 32" 80 watt, dipakai 5 jam = 400 wh
10 lampu LED 7 watt, dipakai 10 Jam = 700 wh
Total, 187 watt/hour = 3500 wh

Bisa dilihat dari tabel di atas, dari kapasitas terpasang 450 Watt listrik terpasang, yang digunakan adalah sebesar 187 watt per jam. Apabila dijumlah, total pemakaian listrik per hari adalah 3500 watt hour.

Gambaran Cara penghitungan sederhana untuk pemakaian listrik tenaga surya:
3500 wh : 130 wp (Tipe Panel Surya) = 26, 92
26,92 unit : 5 jam (Lama pemanasan per hari) = 5.384
5.384 x 1,5 (Minimal daya Otonomi) = 8,076 atau 8 unit (angka pembulatan)

Listrik yang di hasilkan adalah 8 unit x 130 wp = 1.040 watt per satu jam pemanasan pada puncak pemanasan (peak). Dalam sehari, kurang lebih bisa menghasilkan listrik sebesar 1.040 wp x 5 jam pemanasan = 5.200 wh.

"Jadi, untuk beban listrik terpasang 450 watt, setara dengan kapasitas 1.040 wp atau 5.200 wh menggunakan delapan unit panel tipe 130 wp dan  unit penyimpan daya (baterai) berkapasitas 12v 100 Ah sebanyak 6 unit, satu unit Battery Charge Control, dan satu unit inverter, bracket, panel box, box battery, dan peralatan pendukung lainya. Dari sini bisa diprediksi berapa investasi yang harus dikeluarkan," jelas Chaqoqo.

Dia melanjutkan, perkiraan hitungan mudahnya, kapasitas sistem dikali USD10 (harga perkiraan). Jadi, apabila menggunakan contoh penghitungan daya tersebut, maka nilai investasi yang harus dikeluarkan saat awal pemasangan adalah sebesar 1.040 wp x USD10 = USD10.400. "Contoh perhitungan ini adalah untuk instalasi off grid system. Bila dirupiahkan dengan kurs Rp9.300, maka total investasinya berkisar Rp96.720.000,"  imbuhnya.

"Angka tersebut merupakan perkiraan harga, termasuk biaya instalasi, penyediaan perlengkapan pedukung, dan garansi instalasi sistem antara satu dampai tiga tahun, tergantung sistem integrator pelaksana instalasi. Sementara, untuk panel surya digaransi selama 25 tahun," pungkas Chaqoqo.


Sumber : www.property.okezone.com/kisaran-biaya-instalasi-panel-surya

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar