Senin, 16 April 2012

Mencemerlangkan yang Kotor di Rumah

KECANTIKAN hunian sangat bergantung pada seberapa bersih dan teraturnya interior yang ada di dalam rumah. Seringkali aktivitas penghuni rumah yang berjibun di luar, menyebabkan terbengkalainya perawatan rumah. Salah satu bagian interior yang seringkali bermasalah karena lama tak terjamah adalah kaca, seperti kaca jendela, lemari atau bufet, dan cermin.

Untuk mengatasi kaca yang buram dan kotor di rumah tersebut, terdapat beberapa cara mudah dan murah yang bisa Anda aplikasikan. Seperti yang diuraikan berikut ini, dikutip dari buku A to Z dari Dapur Hingga Kamar Tidur karya Garsina Lestari.

1. Kapur Tulis untuk Kaca Kotor
Kapur  tulis yang biasa digunakan untuk papan tulis bisa juga digunakan untuk membersihkan kaca kotor dan buram. Celupkan kapur dalam air, lalu gosok-gosokkan ke permukaan kaca. Selanjutnya, bersihkan sisa kapur yang melekat dengan Koran bekas yang telah diberi air. Niscaya, kaca pun kembali kinclong.

2. Alternatif Cairan Pembersih Jendela

Jika Anda kehabisan cairan pembersih jendela, cobalah membuatnya sendiri. Bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya cukup mudah. Campurkan 1 sendok makan cuka, 3 sendok makan ammonia, dan air secukupnya dalam botol semprot, lalu kocok agar cairan tercampur merata. Semprotkan cairan pada kaca, lalu lap dengan kain bersih.

3. Manfaat Lain Cairan Pembersih Wajah
Tak perlu bahan pembersih mahal untuk mengkilapkan kaca di rumah. Anda bisa memanfaatkan cairan pembersih wajah (face toner/face tonic) yang sudah tak terpakai sebagai alternative pilihan. Tuangkan cairan pembersih wajah pada kain yang akan digunakan untuk mengelap kaca. Gosok-gosokkan kain pada kaca hingga debu dan kotoran yang menempel terangkat. Ulangi cara ini hingga kaca tampak kinclong.

4. Pasta Gigi, Pembersih Alternatif Cermin

Cermin di kamar mandi sering berembun karena udara yang terlampau lembap maupun pengaruh uap panas dari pemakaian water heater. Solusinya, oleskan permukaan cermin dengan pasta gigi, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan cermin dengan kain halus hingga sisa-sisa pasta gigi tak menempel. Alhasil, cermin pun kembali berkilau dan siap digunakan untuk bersolek.

5. Mengilapkan Cermin
Jangan buang dulu ampas teh hitam yang telah digunakan. Anda dapat memanfaatkannya untuk membersihkan cermin kaca. Caranya, seduh the hitam dalam 200 ml air, lalu tambahkan 40 ml cuka. MAsukkan campuran tersebut ke dalam botol spray dan semprotkan pada cermin. Gunakan lap berbahan katun untuk mengeringkannya.

6. Tembakau Bersihkan Kaca Buram

Meskipun kerap dikaitkan dengan rokok, daun tembakau bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan kaca. Rendam 200 gram tembakau berkualitas rendah selama 30 menit. Kemudian, gunakan air rendaman tersebut untuk membersihkan kaca buram. Bersihkan dengan lap, terutama bila masih ada daun tembakau yang melekat di permukaan kaca.

7. Cairan Pembersih untuk Kaca Kusam
Jendela atau pintu yang didominasi kaca tentu akan tampak kusam jika tidak dibersihkan. Nah, daripada menggunakan pengilap kaca yang cukup mahal, Anda bisa meraciknya sendiri. Caranya, kocok campuran 250 ml air hangat, 25 ml cuka makan, dan setetes sabun cair. Masukkan campuran dalam botol spray dan semprotkan pada bagian kaca yang kotor. Gunakan kain katun bersih untuk mengelapnya.


Sumber : www.property.okezone.com/mencemerlangkan-yang-kotor-di-rumah

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar