Selasa, 17 April 2012

Menggugah Semangat pada Ruang Publik



JAKARTA,Apa jadinya bila arsitek berkolaborasi dengan fotografer dalam membangun ruang publik? Jawabannya bisa ditemui pada gelaran pameran Ruang Per Ruang (RPR) yang digagas Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta dengan Komunitas Kelaspagi.

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, Her Pramtama, mengatakan kolaborasi kuat arsitek dan fotografer ini untuk menunjukkan kepada masyarakat mengenai ruang-ruang publik yang selama ini cenderung diabaikan.

"Banyak dari kita seolah tidak peduli dengan ruang di luar hunian. Dengan ajang pameran ini, diharapkan dapat menggugah semangat masyarakat untuk mulai peduli dengan lingkungan sekitar," katanya di Jakarta, Selasa (17/4/2012).

Pameran bertajuk Ruang Per Ruang (RPR) ini diselenggarakan pada 14 - 20 April. Mengambil lokasi di sekitar Jalan Panglima Polim V, Jakarta Selatan, peserta pameran akan berkarya dengan melibatkan sudut-sudut jalan, seperti taman, warung, butik, kafe, gardu listrik serta ratusan sudut lainnya.

Anton Ismael, penggagas Komunitas Kelaspagi mengatakan, sebagian orang menganggap wilayah Panglima Polim adalah oase di tengah kesibukan masyarakat Jakarta Selatan. Kawasan ini merupakan tempat dengan pikiran serba terbuka, menerima, serta menyerap hal-hal baru.

"Di tempat ini kita bisa mengenal sebuah keramahan dan akhirnya merasa nyaman berada di sini," kata Anton.

Bagi komunitas tersebut, pameran RPR merupakan tradisi pameran yang pertama kali dibuat Institut Seni Indonesia (ISI) di Yogyakarta. Gelaran RPR kali ini merupakan pameran pertama kali dilaksanakan di Jakarta setelah dua pameran sebelumnya digelar di Yogyakarta.

Anton menuturkan, komitmen pameran ini adalah memberikan pengetahuan seni, memperkenalkan seni kepada orang yang lewat, mengikutsertakan masyarakat berkontribusi, serta melibatkan masyarakat sekitar dengan berbagai kegiatan. Pameran RPR ini merupakan rangkaian acara menuju festival arsitektur tiga tahunan, Jakarta Architecture Triennale (JAT), yang diselenggarakan oleh IAI Jakarta. Festival JAT sendiri akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2012 nanti bertempat di berbagai ruang publik kota Jakarta.


Sumber : www.properti.kompas.com/Menggugah.Semangat.pada.Ruang.Publik

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar