Kamis, 12 April 2012

Pengembang: Kalau Murah, Lampu "Solar Cell" Bisa Digunakan



MEDAN, Pengembang di Sumatera Utara siap mendukung penggunaan listrik tenaga surya kalau pemerintah menjamin harganya lebih murah dari harga listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Kalau mahal bagaimana mau menerapkannya, apalagi untuk RST (rumah sejahtera tapak) yang dewasa ini pengembangannya terganjal penetapan harga yang maksimal Rp 70 juta," kata Ketua Realestat Indonesia (REI) Sumut, Tomi Wistan, di Medan, Rabu (11/4/2012) kemarin.

Dia menilai, kebijakan Menteri Perumahan Rakyat memberlakukan penggunaan listrik tenaga surya untuk penerangan di perumahan termasuk apertemen mulai Mei mendatang terlalu buru-buru.

"Harus ada petunjuk lebih jelas lagi untuk pelaksanaannya dan termasuk sosialisasi ke pengembang dan masyarakat calon konsumen," kata dia.

Sekretaris Asosiasi Perumahan Indonesia (Apersi) Sumut, Irwan Ray, menambahkan, penerapan penggunaan listrik tenaga surya itu sulit dilaksanakan mengingat hitung-hitungan teknologi dan bahannya masih sangat mahal. Untuk mendapatkan energi sebesar 450 watt saja diperlukaan dana sekitar Rp 80 juta sampai Rp 90 juta. Pasokan solar cell juga masih sulit, karena produk ini sebagian besar masih diekspor.

"Jadi, bagaimana dilaksanakan apalagi kalau untuk rumah jenis RST yang harganya ditetapkan pemerintah maksimal Rp 70 juta per unit," katanya.

"Energi itu baru bisa digunakan kalau pemerintah memberikan subsidi. Kalau pemerintah masih bersikeras juga menerapkan program itu, maka dapat dipastikan pembangunan perumahan khususnya RST semakin tidak berjalan setelah terganggu dengan kebijakan pemerintah yang menetapkan harga jualnya maksimal Rp 70 juta per unit," katanya.

Menurut dia, di tengah perekonomian yang masih dikhawatirkan karena terganggu dampak krisis ekonomi di Amerika Serikat dan Eropa, seharusnya pemerintah memberikan berbagai kemudahan kepada pengusaha dan masyarakat. Banyak kebijakan yang dewasa ini malah membebani masyarakat.


SUmber : www.properti.kompas.com/Pengembang.Kalau.Murah.Lampu.Solar.Cell.Bisa.Digunakan

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar