Selasa, 03 April 2012

Apakah Indonesia Mau Meniru Malaysia?



SEMARANG, Jumlah kekurangan rumah di Indonesia dari tahun ke tahun akan terus membesar akibat tidak berimbangnya kebutuhan dengan produksi rumah. Daya beli mayoritas keluarga baru pun masih sangat rendah.

Ketua Badan Pendidikan dan Latihan DPP Real Estat Indonesia (REI), Sudjadi, di Semarang, Selasa (3/4/2012), menyatakan, setiap tahun di negeri ini ada 700.000 keluarga baru yang semuanya membutuhkan rumah, sedangkan jumlah produksi rumah nasional paling banyak sekitar 250.000 unit. Di luar terbatasnya produksi rumah baru, menurut Direktur Utama PT Aji Saka Semarang itu, sebagian besar keluarga baru tersebut juga belum memiliki penghasilan memadai untuk membeli rumah sekalipun dengan cara mengangsur.

Ia menyebutkan, backlog atau kekurangan jumlah rumah saat ini di Indonesia mendekati angka 13 juta unit. Angka itu bakal bertambah besar bila tidak ada penambahan dari sisi produksi dan peningkatan penghasilan. Lima tahun lalu jumlah kekurangannya masih sekitar 11 juta rumah dan diperkirakan dua tahun ke depan sudah melampaui 15 juta.

Mantan Ketua DPD REI Jateng itu menyatakan, Indonesia bisa meniru Malaysia dengan mewajibkan setiap pasangan yang akan menikah sudah memiliki rumah atau tempat tinggal. Kewajiban tersebut, menurut dia, memaksa setiap warga negara yang akan memasuki jenjang pernikahan menyiapkan kebutuhan papan.

"Namun, negara juga harus ikut bertanggung jawab dalam menyediakan kebutuhan papan bagi pasangan muda itu. Di Malaysia, subsidi bunga dari pemerintah sangat besar sehingga konsumen hanya bayar bunga 2,5 persen per tahun," katanya.

Seperti diberitakan, Kementerian Perumahan Rakyat pada 2012 menargetkan bisa membiayai perumahan melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebesar Rp 4,7 triliun untuk 122.790 rumah sederhana sehat dan 1.000 rumah susun milik. Sejauh ini, pemerintah memang memberi subsidi suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR), tetapi persentasenya masih relatif tinggi, yakni di atas 7 persen per tahun.



Sumber : www.properti.kompas.com/Apakah.Indonesia.Mau.Meniru.Malaysia.

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar