Selasa, 10 April 2012

Harga Lampu Hemat Energi Dikaji Semurah Mungkin

detail berita
Panel surya pada rumah tinggal (foto: as studio architect)
JAKARTA - Penghematan energi saat ini tengah menjadi fokus pemerintah. Selain efisien penggunaan energi bahan bakar minyak (BBM), penggunaan  lampu hemat energi kini juga tengah sorotan.
 
Walhasil, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) tengah mengkaji agar penggunaan lampu hemat energi dapat menjadi alternatif. Salah satunya cara yang ditempuh adalah menurunkan harga lampu tersebut.

"Kami juga sedang melakukan studi tentang harga lampu hemat energi ini dan akan berusaha agar tidak terlalu mahal dan semurah mungkin serta terjangkau bagi masyarakat. Tidak mungkin saya memberikan rekomendasi untuk harga yang tidak terjangkau," tandas ujar Menpera Djan Faridz dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (9/4/2012).

Djan melanjutkan, program lampu hemat energi  ini tidak akan berdampak terhadap harga rumah. Selain itu harga lampu hemat energi  juga tidak terlalu mahal dan juga merupakan produksi dalam negeri.

Beberapa keuntungan bagi masyarakat jika memanfaatkan lampu hemat energi, lanjut Djan antara lain dapat menghemat biaya bulanan sehingga masyarakat tidak perlu membayar listrik secara bulanan. Sedangkan bagi pengelola kawasan atau pengembang tidak susah payah memungut biaya listrik dari penghuni perumahan tapi hanya untuk investasi kembali. "Perpindahan dari lampu listrik ke lampu hemat energi akan sangat mengehemat biaya sebab tenaga surya kan gratis," ujarnya.

"Jika satu bulan masyarakat bisa menghemat biaya listrik tentunya uangnya bisa digunakan untuk mengangsur rumah. Biaya yang dikeluarkan hanya untuk investasi lampu serta biaya pemeliharaan untuk mengganti baterai serta peralatan sesuai umur ekonomis lampu, yakni sekitar lima sampai 10 tahun. Nah ini merupakan bagian penghematan energi secara nasional," terang Djan.

Pengkajian ini dilakukan untuk menyukseskan program penghematan energi dengan penggunaan solar cell. Kempera pun akan menjalin kerja sama dengan Kementerian ESDM dan Kementerian Dalam Negeri. Dengan demikian, ada dukungan dari kementerian terkait serta peraturan daerah yang bisa mendukung terlaksananya program ini.


Sumber : www.property.okezone.com/harga-lampu-hemat-energi-dikaji-semurah-mungkin

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar