Senin, 09 April 2012

Hunian Nyaman, Aman dan Sehat

detail berita
(foto: freshome.com)
KETIKA Anda ingin merancang bangunan rumah, bukan hanya keindahan dan fungsinya yang harus diperhatikan. Anda juga mesti memperhatikan aturan yang ada di dalamnya. Dengan begitu, keamanan dan kenyamanan dapat tercipta.

Memiliki rumah idaman tentu menjadi impian banyak orang. Proses perencanaan dan perancangan bangunan rumah sebaiknya harus dibuat secara tepat, dengan mempertimbangkan kondisi tempat, pemilihan bahan bangunan, dan pertimbangan penerapan utilitas bangunannya.

Arsitek Wisnu Brata mengungkapkan, ketentuan yang ada saat membangun rumah pada dasarnya ditujukan untuk keamanan bangunan, baik pada masa konstruksi maupun saat dihuni. Sebelum mulai merancang rumah, ada baiknya melakukan studi mengenai peraturan, ketentuan, dan pedoman, serta arah yang terkait perancangan tapak atau lahan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan.

Hal yang harus Anda cermati ketika ingin membangun rumah adalah batas lahan, jarak antar bangunan, besar ruang terbuka, dan ketinggian bangunan yang berpengaruh pada rancangan rumah. Kondisi tersebut juga akan berpengaruh pada kenyamanan setiap penghuni rumah. Hunian dengan penataan dan perencanaan yang baik bakal memberikan keindahan tersendiri.

"Garis batas bangunan adalah persyaratan teknis yang mengatur posisi rumah di atas lahan tanah yang sudah ditetapkan ukuran dan jenis penggunaannya. Bukan hanya garis batas bangunan, garis sempadan bangunan juga harus diperhatikan, karena hal ini berpengaruh pada batas dinding terdepan rumah," kata Wisnu.

Posisi bangunan yang terlalu dekat dengan jalan bisa mengurangi kenyamanan para penghuninya dan mengganggu kepentingan umum. Hal ini sangat berkaitan dengan garis sempadan jalan, yaitu batas pekarangan terdepan atau batas terdepan pagar boleh dipasang. Dengan mengikuti pola yang tepat, keindahan bentuk bangunan bisa terlihat jelas.

"Menentukan panjang garis sempadan bangunan dan garis sempadan jalan harus berdasarkan persyaratan yang berlaku. Hal ini bergantung pada jenis bangunan dan letak bangunannya. Karena dalam area ini dilarang membangun sesuatu yang bersifat struktural, seperti penambahan ruang yang memiliki dinding bata," papar Wisnu.

Manfaat keberadaan garis sempadan bangunan, antara lain kita mengetahui bahwa hunian memiliki lahan terbuka, seperti halaman yang bisa dimanfaatkan untuk vegetasi, ruang hijau, dan kolam. Dari segi kenyamanan, elemen vegetasi dapat mempercantik tampilan rumah sehingga rumah tampak lebih asri dan ramah lingkungan. Anda juga bisa menempatkan kolam ikan di area depan atau samping rumah.

Kehadiran kolam mampu mengatur suhu di dalam ruangan sehingga rumah Anda akan menjadi bangunan yang hemat energi karena mengurangi penggunaan AC atau kipas angin sebagai pengatur suhu ruangan. Dari segi keamanan bangunan, manfaat garis sempadan dapat menghindarkan efek getaran dari kendaraan yang melintas di depan karena terdapat jarak antara bangunan dan batas pagar.

Selain itu,garis sempadan bangunan bisa menjadi peredam suara bising dan debu di jalan. Walaupun luas lahan rumah terbatas, hunian itu tetap harus diberi jarak antarbangunan demi keamanan dan kenyamanan. "Tanpa adanya jarak antarbangunan, jarak antara rumah satu dan rumah lainnya tidak akan terlihat dan mengganggu ruang privasi Anda," papar Wisnu.

Dengan memberikan jarak antara rumah Anda dan tetangga, maka ruang untuk sirkulasi udara dan ruang untuk sisi dinding akan menjadi lebih leluasa. Selain itu, ruangan terbebas dari kelembapan berkat sirkulasi udara yang lancar.

Dengan memperhatikan cara membangun yang tepat dan sesuai, hunian nyaman sekaligus sehat akan selalu bisa Anda rasakan. Jadi, alangkah baiknya membuat perencanaan dan rancangan yang tepat sebelum mulai membangun rumah.


Sumber : www.property.okezone.com/hunian-nyaman-aman-dan-sehat

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar