Senin, 02 April 2012

Kolam Parit di Lahan Sempit

KOLAM bergaya parit bisa mengatasi keterbatasan lahan di rumah Anda, sekaligus dijadikan elemen penunjang gaya penataan taman Anda secara keseluruhan.

Gaya kolam parit mulai marak dan menjadi tren sejak tahun lalu. Ada yang mengatakan, kolam parit merupakan satu adaptasi dari kolam sari keraton atau hampir mirip dengan kolam air di Bali. Namun, ada juga yang menyebutkan, idenya berawal dari konsep kerajaan di Inggris.

Arsitek Rizky Artando menuturkan, secara fungsional, kolam parit dapat melindungi dinding rumah dari kotoran akibat tercipratnya tempias air hujan yang bercampur dengan tanah. Jadi, jika meletakkan kolam parit tepat di bawah tepian atap, maka limpahan air hujan yang mendera atap akan jatuh ke kolam parit.

Dengan kedalaman yang cukup, air tidak akan memuncrat ke luar bersama-sama dengan tanah mengotori dinding luar rumah. Namun, jangan lupa, beri jarak secukupnya dari dinding rumah minimal sejauh 50 cm. Dan, di area itu, sebaiknya penuhi dengan tanaman hias agar tanahnya tertutup.

"Kolam parit jelas memiliki bentuk yang kecil, namun memanjang seperti parit.Tidak ada patokan ukuran secara khusus. Namun, secara umum,ukuran panjangnya jauh lebih besar dibandingkan ukuran lebar. Karena itu, kolam ini sangat sesuai untuk ditempatkan di lahan sempit," kata Rizky.

Kolam parit umumnya diletakkan di sekitar teras,mengelilingi teras atau di dekat sekeliling dinding rumah. Penempatannya pun dapat disesuaikan dengan bentuk kolam yang memanjang, atau bisa menjadi bingkai alias list yang menarik untuk teras maupun bangunan rumah secara keseluruhan. Kolam parit juga menjawab tuntutan fleksibilitas akibat semakin terbatasnya lahan untuk rumah. Rumah dengan luas terbatas pun tetap bisa menghadirkan kesejukan dan kecantikan kolam di halaman.

Anda juga boleh mengisi kolam parit dengan ikan-ikan kecil yang akan memakan jentik nyamuk atau memilih jenis ikan konsumsi, seperti emas atau nila. Untuk mempercantik penampilan kolam parit,Anda dapat menambahkan tanaman air seperti cyperus papyrusdan lotus. Pemilihan tanaman yang berperawakan tinggi kurus ini disesuaikan dengan bentuk kolam yang sempit dan memanjang.

Sumber : www.property.okezone.com/kolam-parit-di-lahan-sempit

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar