Senin, 02 April 2012

Percantik Taman dengan Pathway

detail berita
Taman dengan setapak (foto: ist.)
TAMAN akan terlihat lebih cantik bila dihias dengan jalan setapak. Taman dengan jalan setapak atau pathway tidak hanya menghadirkan aspek keindahan, juga memberikan keamanan dan kenyamanan saat Anda berjalan di sana.

Pathway bukan sekadar tempat pijakan kaki Anda saat menuju ke area taman depan atau belakang. Pathway bisa digunakan dan ditampilkan dengan gaya apa pun, sejauh penempatannya masih dalam lingkup yang pas untuk taman rumah.

Arsitek lanskap Herlin Wibowo menyebutkan, sebenarnya konsep pathway adalah membuat rumah yang simpel sehingga tampilan taman tidak terlalu dipadati dengan pepohonan, melainkan tetap harus memperhatikan segi kemudahan perawatannya agar senantiasa tampil asri dan bersih.

Keberadaan jalan setapak di area taman bukan hanya berfungsi mempercantik tampilannya, melainkan juga sebagai tempat Anda memijakkan kaki ketika ingin menikmati keindahan suasana taman di rumah. Selain itu, adanya jalan setapak juga akan menghindari genangan air hujan sehingga taman Anda menjadi tidak becek dan masih bisa terlihat bersih. Jika Anda ingin membuat jalan setapak di area taman rumah, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan material yang tepat.

"Sebenarnya banyak material yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan pathway seperti paving, kerikil, dan batu alam. Hanya, biasanya orang cenderung suka menggunakan material semen dan beton karena lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan material lain," sebut Herlin.

Anda juga bisa loh berkreasi sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak terpakai. Ambil contoh pecahan pot tanah liat, atau bisa juga menggunakan pecahan genteng yang disusun secara vertikal atau sesuai dengan keinginan Anda. Bahan yang sudah tidak terpakai tadi dapat membantu Anda mempercantik jalan setapak di taman. Bentuk lengkung yang dihadirkan bakal memberikan kesan dinamis dan tidak kaku.

Herlin menyarankan, dalam menata layout pathway, Anda sebaiknya membuat rancangan dengan bentuk berliku di tengah hamparan tanaman bunga hias yang penuh warna, rumput yang lembut, atau bisa juga ditambah dengan suara gemericik air dari kolam yang berada di taman tersebut. Namun, ingat, itu semua harus tetap mempertimbangkan komposisi taman dengan bangunan utama sehingga taman tampil kompak dan terlihat lebih segar.

Tidak hanya sebatas pada pemilihan material yang bisa digunakan untuk membuat jalan setapak, Anda pun harus menentukan jenis tanaman yang cocok untuk mendampingi tampilan jalan setapak itu sendiri. Beberapa jenis tanaman hias seperti ixora, cassandra, dan lantana bisa Anda padankan di dalamnya.

Namun, bila Anda tidak ingin repot dalam menata dan mengurusnya, boleh-boleh saja menggunakan tanaman hijau, seperti rumput gajah dan beberapa tanaman berdaun lebar. Atau, bila taman Anda termasuk mungil, di salah satu bagian dindingnya bisa diberi tanaman rambat agar tampilannya menjadi lebih segar. Anda jangan langsung patah semangat bila lahan yang tersedia di rumah tidak memungkinkan untuk menerapkan pathway.

"Biasanya pathway yang digunakan untuk area berlahan sempit digunakan hanya di taman depan rumah. Seperti pada pagar depan pintu utama yang digunakan sebagai akses masuk mobil di carport. Sementara, bagian pintu kedua digunakan sebagai jalan ke dalam dengan melewati sebuah taman kecil yang menggunakan pathway," papar Herlin.

Biasanya jalan setapak di lahan berukuran kecil dibuat secara berliku atau melingkar mengelilingi komposisi tanaman di area taman. Dan, Anda bisa memberikan percabangan sebagai alternatif perlintasan lain.

Sumber : www.property.okezone.com/percantik-taman-dengan-pathway

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar