Senin, 02 April 2012

Pengembang 'Ujung' Indonesia Masih Sulit Akses Bahan Bangunan



Ambon - Pemerataan distribusi bahan bangunan belum sepenuhnya terealisasi. Wilayah-wilayah ujung Indonesia menghadapi kesulitan suplai masing-masing.

Seperti yang dialami Ketua DPD Provinsi Papua dan Papua Barat, SM. Poerbaraya. Ia mengaku kesulitan mengakses semen. Harga termurah wilayah timur Indonesia mencapai Rp 90 ribu per sak, dan itu terjadi pada wilayah Jayapura. Bahkan yang terbesar mencapai Rp 1,2 juta per sak.

"Papua itu utamanya semen. Jayapura Rp 90 ribu. Lebih jauh, Wamena yang dapat diakses 45 menit dari Jayapura harga Rp 500 ribu per sak. Kalau di pegunungan, pada puncak Jaya (Jayawijaya) mencapai Rp 1,2 juta per sak. Kalau mau pembanding Solo (pulau Jawa) harganya Rp 42 ribu," kata Poerbaraya di sela-sela ulang tahun ke-40 REI di Ambon, Sabtu (31/3/2012).

Ia menambahkan, permintaan rumah di provinsi Papua dan Papua Barat sangat baik. Masyarakat Papua memiliki standar tinggi dalam memiliki hunian. "Demand tinggi. Mereka nggak mau spek (spesifikasi) standar. Minimal tipe 36m2. Itu bangunan minimal, dengan tanah 96 m2," paparnya.

"Tanah di sana juga tak murah. Sudah ada yang mencapai Rp 1 juta-Rp 2 juta per m2. Apalagi di tengah kota," tegas Poerbaraya.

Kesulitan akses bahan bangunan juga terjadi pada ujung barat Indonesia, Aceh. Setengah dari seluruh komponen bahan-bahan bangunan harus di'ekspor' dari non Aceh, Sumatera Barat.

Kata Wakil Ketua Umum DPD Aceh, Zulfikar, bahan bangunan yang biasa disuplai adalah besi, seng, rangka baja. Sedangkan pasir dan semen masih bisa didapat dari bumi serambi Mekkah.

"Kita 50% lah untuk bahan bangunan di dapat dari non Aceh," tuturnya.

"Untuk bangunan standar di Aceh itu kita main di Rp 100 juta atau Rp 95 juta. Itu dengan tipe 36/105. Untuk harga batasan dari pemerintah, ga bisa ditetapkan secara nasional. Dari sisi peluang (pengembangan rumah) masih besar. Mencapai 11 ribu unit di 23 kota, kabupaten. Khususnya kelas menengah bawah," imbuhnya.


Sumber : www.finance.detik.com/pengembang-ujung-indonesia-masih-sulit-akses-bahan-bangunan

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar