Senin, 02 April 2012

Tren Taman di Atap Apartemen

detail berita
Maket Setiabudi Sky Garden (foto: Nur Januarita Benu/okezone)
JAKARTA - Apartemen kini tak lagi sebagai sebuah bangunan kokoh menjulang dengan desain yang kaku. Seiring dengan booming-nya arsitektur hijau (green architecture), para pengembang kini semakin sadar untuk memenuhi gaya hidup penghuni apartemen.

Apartemen kini tak sebatas sebagai tempat hunian, namun juga dilengkapi fasilitas lifestyle center. Beberapa pengembang besar seperti Binakarya Propertindo Group, Agung Podomoro Land, Ciputra, dan Lippo kian agresif menghadirkan apartemen yang dilengkapi berbagai fasilitas.

Gateway Apartement, Central Park, Seasons City, Ciputra World, dan St Moritz merupakan sederet apartemen yang memanjakan penghuninya dengan beragam fasilitas.

Head of Corporate Communication Binakarya Propertindo Group, Endang Susilomurti mengatakan, salah satu tren baru dalam pengembangan apartemen adalah fasilitas roof garden atau yang biasa disebut sky garden. Selain berfungsi sebagai ruang publik bagi penghuni untuk lokasi relaksasi dan sosialisasi, sky garden mengurangi dampak negatif adanya pembangunan gedung di tengah kota (pemanasan kota).

"Penggunaan air conditioner juga bisa dikurangi, terutama bagi unit di bawah sky garden karena adanya sirkulasi angin yang baik," ujarnya saat dihubungi kemarin. Menurut dia, Gateway Apartement memiliki desain modern minimalis dan merupakan apartemen menengah dengan harga yang sesuai bagi keluarga pemula. Pada usia-usia produktif tersebut, biasanya prioritas konsumen adalah fungsi dan kepraktisan. Jadi, dipilih desain modern minimalis, dimana dengan harga terjangkau, tetap diperoleh apartemen fasilitas setara bintang lima.

Fenomena pemanasan global telah membawa pengaruh positif bagi perkembangan sky garden. Kesadaran tersebut membuat para arsitek dan pengembang properti sepakat untuk menjadikan suatu bangunan atau gedung sebagai bangunan yang ramah lingkungan atau dikenal dengan istilah green building. Beberapa pengembang telah menjadikan isu green and nature sebagai promosi untuk menarik minat para konsumen. Sekarang dapat dilihat beberapa bangunan, baik kantor, rumah, maupun apartemen yang dilengkapi dengan sky garden yang hijau dan indah.

Sky garden menjadi suatu yang penting terutama di daerah perkotaan karena sulit untuk mendapatkan lahan yang bisa dijadikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH). Biasanya, selain sebagai sarana relaksasi dan sosialisasi, pengembang melengkapi sky garden dengan jogging track sebagai sarana olahraga. Bahkan, tak jarang pengembang melengkapi sky garden dengan restoran dan fasilitas hiburan. CEO BPG Group Go Hengki Setiawan mengatakan, selain sky garden, Gateway Apartment Bandung dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari swimming pool, jogging track, fitness centre, lapangan basket, children playground, BBQ area, dan food court.

Selain memiliki fasilitas lengkap dalam kawasan, proyek yang hingga saat topping off telah terjual hingga 90 persen ini juga dikelilingi fasilitas umum strategis, seperti halnya pusat perbelanjaan dan rumah sakit. Gateway Apartment juga akan memiliki fasilitas commercial centre yang terintegrasi dengan Tower Saphire dan Tower Emerald. Selain adanya ruang komersial berupa ruko, commercial centre Gateway Apartment juga akan menghadirkan hotel yang dioperasikan oleh operator kelas dunia. Go Hengky Setiawan mengemukakan bahwa Gateway Apartment memiliki prospek ekonomi yang sangat baik.

Salah satu kunci kesuksesan Gateway Apartment adalah adanya aktivitas komunikasi yang teratur dan terarah antara pengembang dan masyarakat maupun komunitas warga sekitar. Di Jakarta Barat, grup Lippo melalui PT Lippo Karawaci mengembangkan tiga menara apartemen mewah di kawasan hunian dan bisnis terpadu (mixeduse) The St Moritz Penthouses & Residence. Apartemen seharga miliaran ini memiliki desain yang eksklusif.

The New Ambassador Suite Tower misalnya, selain memiliki double private liftukurannya juga luas, yakni 121–391 meter persegi (m2) dengan dua sampai lima kamar tidur, di mana unit-unitnya ada yang dilengkapi dengan private pool, private garden, loft, boutique villas, dan sky loft dengan sky garden eksklusif.

Sementara PT Ciputra Property mengembangkan Ciputra World di Jakarta Selatan. Pada tahap awal Ciputra membangun 468 unit kondominium dan 210 unit Fraser Suites Service Apartment. Setiap tower dilengkapi sebuah sky garden, ruang terbuka yang menampilkan pemandangan panorama kota.

Di tempat ini terdapat fasilitas perpustakaan, kafe, dan restoran, private lounge bagi penghuni, kolam renang, gym, sauna, ruang serbaguna, serta barbeque area. Kompleks kondominium dikelilingi dengan lush garden. Fasilitas tersebut dibangun untuk menghadirkan lingkungan berkelas.

Hal yang sama dilakukan PT Jakarta Setiabudi Internasional di kawasan Central Business Distric (CBD), Setiabudi, Jakarta Selatan. Sekitar 70 persen dari keseluruhan lahan akan dijadikan area terbuka.

Sekitar 7.500 m2 (dari luas lahan 2 hektare) akan dibangun sebuah taman terbesar di CBD yang merupakan kreasi desainer lanskap, Tongg Clarke & McCelvey Lanscape Architecture Design Firm dari Amerika Serikat. Sky Tower sendiri terdiri atas 426 unit, sementara Garden Tower berisikan 160 unit. Selain kawasan hijau yang luas, area apartemen ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jogging track,kolam renang,gimnasium, teras terbuka, pusat bisnis,dan lainnya.


Sumber : www.property.okezone.com/tren-taman-di-atap-apartemen

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar