Kamis, 19 April 2012

Ridwan Kamil: Jakarta Harus Lebih Manusiawi

detail berita
Ridwan Kamil (foto: Nur Januarita Benu/okezone)
JAKARTA - Kemacetan adalah persoalan klasik di Jakarta yang tidak kunjung tuntas dan salah satu sumber stres masyarakat. Namun, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah gaya hidup masyarakat ibu kota.

Demikian dikatakan aristek papan atas, Ridwan Kamil. Menurutnya, kombinasi bangunan, di Jakarta harus lebih manusiawi. Selain bangunannya yang keren dengan menerapkan kosep green, lantai dasar yang ada pada gedung tersebut harus dapat merespons kondisi orang Jakarta yang bergerak cepat dan cenderung stres.

"Bagi saya, yang bikin tidak stres itu saat jalan kaki nyaman. Konsep ini jarang dipahami developer kita, seolah-olah kalau mau nyaman itu masuk gedung lalu ngadem, makanya saya bikin ruang untuk pedestrian. Seperti yang saya coba terapkan pada proyek baru perkantoran Menara Sentraya Blok M dan proyek-proyek saya lainnya," kata Ridwan saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta, Rabu (18/4/2012).

"Kalau semua melakukan itu Jakarta secara ekonomi bergerak, manusiawinya berbanding lurus. Sementara sekarang enggak. Kampanye bangunan yang saya lakukan untuk di kota, harus ada jalur pedestriannya  yang memadai, jangan egois berdiri sendiri," tukasnya.

Kota yang baik, lanjutnya, adalah kota yang memiliki fungsi campuran. Artinya segala aspek kebutuhan hidup masyarakat dapat terintegrasi dalam satu kawasan dan itu merupakan mimpi yang sedang dia dan rekan-reknnya coba wujudkan.

"Kecenderungan masyarakat kota adalah mencari kenyamanan. Karena itu banyak yang memilih hunian, kantor dan tempat rekreasi, yang letaknya dalam satu kawasan. Itulah gaya hidup yang mulai berkembang pada masyarakat kota dewasa ini," ujar arsitek asal Bandung tersebut.

Menurutnya, dengan perubahan gaya hidup masyarakat dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan di Jakarta. Selain tentu saja dengan memperbaiki infrastruktur seperti jalan dan transportasi umum yang memadai.

"Jika masyarakat semakin mudah aksesnya, bisa ke kantor dari tempat tinggalnya tanpa jarak jauh atau mau rekreasi bisa dengan berjalan kaki saja. Maka otomatis kan lebih hemat waktu dan tenaga, dan pastinya macet bisa berkurang, masyarakat pun lebih sehat," pungkas Ridwan.


Sumber : www.property.okezone.com/ridwan-kamil-jakarta-harus-lebih-manusiawi

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar