Jumat, 30 Desember 2011

Duh! 40 Twin Block Rusun Sewa Milik Pemerintah Tak Terpakai




Jakarta - Hingga saat ini ada kurang lebih 40 twin block rumah susun sederhana sewa (rusunawa) milik pemerintah yang sudah dibangun, tetapi belum terpakai alias menganggur. Penyebabnya adalah masalah biaya operasional rusunawa yang belum disiapkan oleh pemerintah daerah (pemda).

"Ya memang ada 40-an twin block rusunawa di bawah ditjen Cipta Karya yang sudah terbangun namun belum dihuni," kata Direktur Pengembangan Permukiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PU Amwazi Idrus kepada detikFinance, Jumat (30/12/2011).

Ia mengatakan lokasi-lokasi rusunawa untuk masyarakat berpenghasilan rendah itu tersebar di berbagai kota di Indonesia. Pemerintah pusat sedikitnya memerlukan dana Rp 13 miliar untuk membangun 1 twin block rusunawa tersebut atau dengan total sekitar Rp 520 miliar.

"Saat ini memang sedang dalam proses untuk penghunian," katanya.

Sementara itu Dirjen Cipta Karya Budi Yuwono mengakui ada sekitar 40 twin block belum bisa dimanfaatkan sebab pemda belum mengalokasikan anggaran untuk biaya operasional rusunawa. Pemda ini beralasan belum menganggarkan dana karena alasan belum diserahterimakan oleh pemerintah pusat.

Budi menambahkan jika ini berlarut-larut maka tujuan pembangunan rusunawa untuk mengurangi kekumuhan akan melenceng menjadi kawasan kumuh baru.

"Masih banyak pemerintah daerah yang tidak mengalokasikan anggaran untuk operasional dan pemeliharaan. Infrastruktur Cipta Karya banyak yang belum dimanfaatkan karena belum dipenuhinya tanggung jawab ini," kata Budi.

Sebagai catatan dengan 1 twin block bisa menampung rata-rata 90 lebih unit rumah di bawah tipe 30.


Sumber : www.finance.detik.com/duh-40-twin-block-rusun-sewa-milik-pemerintah-tak-terpakai

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar