Kamis, 22 Desember 2011

Ingat...Cek Rumah Anda Sebelum Berlibur!



Menjelang akhir tahun, setiap keluarga mulai disibukkan dengan rencana berlibur. Namun, jangan lupa, kalau berlibur sudah dirancang, urusan rumah jangan disepelekan. Jangan sampai berlibur Anda malah tak tenang lantaran terbayang-bayang urusan rumah.

Biasanya, liburan akhir tahun mempunyai jangka waktu panjang dibandingkan libur-libur lainnya. Jadwal tersusun dan barang-barang yang akan dibawa pun telah siap.

Namun, tak sedikit di antara kita yang terkadang melupakan keamanan rumah. Walaupun lingkungan kita dikenal cukup aman dan mempunyai tenaga keamanan terlatih, ada baiknya kita tetap waspada.

Tentu saja, tidak ada salahnya kita juga merencanakan keamanan rumah. Kita tak mungkin ingin kehilangan apa pun di dalam rumah saat sedang asyik-asyinya berenang atau berjemur di pantai, pergi berbelanja, atau bersenda gurau bersama keluarga di luar kota. Untuk itu, simak beberapa tips berikut agar rumah Anda tetap aman saat ditinggal berlibur:

Cek dan ricek

Pastikan kembali, bahwa pintu dan jendela rumah Anda terkunci dengan baik. Matikan seluruh barang elektronik dan mencabut semua kontak listriknya, kecuali lemari es. Hal ini selain menjaga keamanan dari korsleting, juga untuk menghemat biaya listrik.

Libatkan tetangga

Pamitlah kepada tetangga terdekat untuk membantu menjaga rumah Anda saat berlibur. Tetangga bisa dipercaya untuk dititipkan kunci rumah. Tetangga itu bisa membantu menyalakan dan mematikan lampu. Kalau tidak, Anda bisa biarkan beberapa lampu menyala, jadi sang tetangga bisa menyalakan atau mematikan dari sakelar meteran listrik Anda.

Tak hanya itu. Dengan adanya tetangga, apabila ada surat atau koran yang datang, tidak akan ada tumpukan brosur atau surat tergeletak di depan rumah yang memperlihatkan rumah sedang kosong.

Jangan lupa, berikan nomor ponsel Anda agar bisa dihubungi saat diperlukan. Namun, ketika Anda kembali, jangan lupa memberikan oleh-oleh sebagai tanda terima kasih untuk mereka, selain juga demi mempererat silaturahim.

Hentikan pengiriman

Ada kalanya tetangga tidak bisa terlalu diandalkan. Untuk itu, cara lain bisa dilakukan adalah menghentikan semua pengiriman dan langganan koran selama Anda berlibur. Apabila ada yang ingin mengirimkan barang, Anda bisa mengalihkannya untuk sementara ke alamat saudara atau dibatalkan sampai Anda kembali dari liburan.

Gandakan dokumen penting

Fotokopi seluruh dokumen yang penting untuk berlibur, seperti KTP, kartu kredit, SIM, dan paspor. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat Anda kehilangan salah satunya. Tinggalkan satu rangkap di rumah dan bawa satu rangkap lagi dengan Anda.

Selamat berlibur dengan nyaman!


Sumber : www.properti.kompas.com/Ingat.Cek.Rumah.Anda.Sebelum.Berlibur.

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar