Kamis, 29 Desember 2011

Ini Dia 9 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

Jakarta - Gedung tertinggi selalu dijadikan sebuah simbol kekuatan ekonomi dan kemakmuran setelah pemotongan pita Empire State Building pada Mei 1931. Semenjak itu, negara-negara di berbagai belahan dunia terus berlomba membuat gedung paling tinggi.

Beralihnya kekuatan dunia membuat Amerika Serikat (AS) bukan lagi menjadi negara tempat gedung tertinggi di dunia berada. Gedung tertinggi di dunia kini berada di Timur Tengah, dengan rekor diciptakan oleh Burj Khalifa yang tingginya mencapai 2.600 kaki (828 m)

Dan kini, China tengah menyiapkan diri sebagai negara yang memiliki gedung tertinggi kedua di dunia. Shanghai Tower setinggi 2.073 kaki sudah final pembuatan pondasinya dan akan menjadi gedung tertinggi di China. Saat ini China tercatat sebagai negara yang memiliki gedung tinggi terbanyak di Asia.

Shanghai Tower nantinya akan menjadi kota vertikal karena terdiri dari hotel, kawasan komersial, pusat perbelanjaan, butuk dan fasilitas ritel lainnya. Gedung ini bisa diisi oleh lebih dari 50.000 orang.

Sementara Arab Saudi kini sedang mengincar gedung tertinggi dunia. Binladin Group sedang merencanakan pembangunan Kingdom Tpwer di Heddah yang tingginya mencapai 3.000 kaki dan diharapkan selesai pembangunannya pada tahun 2016.

Berikut daftar rekor gedung-gedung tertinggi di dunia seperti dikutip dari Forbes, Kamis (29/12/2011).

1. Kingdom Tower

Gedung tertinggi ini berada di Jeddah, Saudi Arabia. Jika rampung pada 2016 mendatang, Kingdom Tower akan menjadi gedung tertinggi di dunia.




2. Burj Khalifa

Burj Khalifa saat ini tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia. Sheikh Mohammad bin Rashed al-Maktoum meresmikan Burj Khalifa yang tingginya mencapai 2.717 kaki dan memiliki 163 lantai.




3. Taipei 101

Gedung ini yang berada di Taipei, China ini memiliki tinggi 1.667 kaki.



4. Shanghai World Financial Center

Shanghai World Financial Center berada di Shanghai city dengan tinggi mencapai 1.614 kaki.




5. International Commerce Centre

International Commerce Centre (ICC) berada di Di dalam gedung ini terdapat hotel tertinggi di dunia yakni Ritz Carlton yang menempati lantai 102 hingga 118. Gedung yang tingginya 1.588 kaki ini juga menawarkan panoraman pemandangan Victoria Harbour yang sangat terkenal itu.



6. Menara Kembar Petronas

Dua menara kembar ini berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Tinggi masing-masing tower mencapai 1.483 kaki.



7. Willis Tower

Pada tahun 2009, menara yang dulunya bernama Sears Tower Chicago itu berganti nama menjadi Willis Tower yang mengambil nama dari broker asuransi global Willis Group. Menara ini memiliki ketinggian 1.451 kaki.



8. Guangzhou International Finance Center

Guangzhou International Finance Center berada di Guangzhou. Terdiri dari hotel dan gedung perkantoran, menara ini memiliki ketinggian 1.439 kaki.



9. Trump International Hotel & Tower

Memiliki ketinggian 1.389 kaki, The Trump International Hotel & Tower merupakan gedung tertinggi kedua di Chicago, AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar