Selasa, 26 Juni 2012

Bijak Mengaplikasikan Lampu LED


JAKARTA, Beragam kelebihan lampu dengan teknologi Light Emitting Diode (LED), seperti lebih hemat biaya, ramah lingkungan, tahan lama serta mampu mengimbangi desain rupanya berbanding lurus dengan harganya yang masih tergolong mahal. Harga mahal ini membuat konsumen berpikir ulang mengaplikasikan lampu LED dalam hunian.

Ahli pencahayaan Arwin Amir dari Graha Cipta Hadiprana, ketika ditemui di Jakarta, Senin (25/6/2012) mencontohkan, sebagai sebuah perbandingan, satu buah lampu LED untuk jenis MR 16 harganya Rp300.000 sedangkan lampu halogen jenis serupa hanya Rp3.000. Melihat perbandingan harga ini, katanya, wajar jika konsumen melirik harga lampu yang lebih murah. Namun, bukan rahasia pula jika konsumen memilih lampu berteknologi LED akhirnya lebih hemat karena umur lampu LED lebih lama 7-8 kali lampu biasa. Untuk lampu LED jenis MR 16 bisa tahan 30.000 jam sementara untuk lampu halogen hanya 3.000 - 4.000 jam saja.

Menurut Arwin, harga mahal lampu LED ini bisa disiasati lewat penerapan desain interior. Tidak semua lampu dalam ruangan menggunakan jenis LED, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan ruangnya.

"Karakter LED itu konsumsinya rendah, tahan lama, memiliki dimensi berbeda-beda. Maka lampu ini cocok untuk ruangan yang butuh pencahayaan dengan intensitas waktu sangat sering," katanya.

Misalnya, lanjut Arwin, di sebuah ruang tamu membutuhkan lampu yang menerangi secara menyeluruh dan lampu-lampu dekoratif untuk memberi penonjolan pada lukisan. Untuk itu, lampu LED bisa dipasang untuk lampu dengan fungsi menyinari ruangan sedangkan lampu semacam indirect light dari jenis lampu biasa untuk dekoratif.

Di samping itu, urusan pemilihan lampu yang lebih hemat tidak sebatas pada pemilihan jenisnya saja. Kata Arwin, apabila konsumen telah menggunakan lampu LED namun saat pemasangannya justru keliru maka menyebabkan umur lampu tidak bakal panjang. Selain cara pasang keliru, penyebab lain umur lampu tidak tahan lama adalah cara penyambungan tidak sempurna serta fluktuasi tegangan dari PLN tidak memiliki standar yang baik.

Dari beragam kelebihan lampu LED, Arwin mengatakan ternyata lampu LED memiliki kekurangan, yaitu lampu ini belum bisa mendukung pemakaian seluruh warna dalam ruangan secara 100 persen. "Aplikasi ruangan dengan LED harus memperhatikan pula pilihan warnanya. Warna coklat dan hitam bila menggunakan lampu halogen akan terlihat menarik, tapi tidak dengan lampu LED. Adalah tugas desainer untuk memperhatikan intensitas cahaya dan efek biasnya pada ruangan," ujarnya.

Sumber : www.properti.kompas.com/Bijak.Mengaplikasikan.Lampu.LED

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar