Jumat, 29 Juni 2012

Memaksimalkan Ruang Terbuka

detail berita
(foto: design boom)
RUANG terbuka di belakang rumah dapat Anda manfaatkan sebagai teras untuk berkumpul bersama anggota keluarga. Dengan sedikit kreativitas dan pemilihan material yang tepat, area ini bisa diubah menjadi tempat favorit seluruh penghuni rumah.

Ruang terbuka di rumah yang biasanya berada di halaman belakang jangan sampai dibiarkan kosong, atau hanya dijadikan tempat menjemur pakaian, atau menumpuk barang-barang bekas. Anda bisa mengkreasikannya menjadi sebuah patio atau dek sebagai tempat kongko bersama keluarga di sore hari saat libur.

Konstruksi patiodan dek memang tengah booming.Puncaknya pada 2007, permintaan peralatan memanggang telah memecahkan rekor penjualan tertinggi, yakni sebanyak 17,4 juta buah.

"Angka pengiriman barang tertinggi sejak 20 tahun terakhir," kata Leslie Wheeler, Direktur Komunikasi di Hearth, Patio, and Barbecue Association (HPBA). Permintaan sebagian besar didorong oleh pemilik rumah yang berencana mengadakan perjamuan keluarga sepanjang tahun dalam sebuah area di luar ruangan rumah.

Pemilik rumah lantas merombak patio di halaman belakang dan membangun dapur santai dengan embusan udara segar. Ini tentu memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan daripada sebelumnya. Ruang terbuka umumnya menjadi perpanjangan hunian. Menurut HPBA, sekarang sedang banyak digunakan pintu lebih lebar dan jendela besar untuk mengikat dua lingkungan yang berdampingan.

"Jika didefinisikan,ruang luar rumah adalah area luar ruangan yang dapat dipakai si pemilik rumah untuk bersantai, memasak, dan tempat hiburan," ujar penulis buku masak dan merancang taman, Katherine Whiteside.

"Dengan menempatkan beberapa furnitur dan peralatan ramah lingkungan dalam sebuah patio, taman, atau dek, Anda sudah mendapatkan ruang luar rumah yang menarik," lanjutnya, seperti dikutip dari laman Extreme How-To.

Merancang ruang outdoor yang bagus sebenarnya tidak memerlukan biaya besar. Anda dapat membangun halaman belakang dengan gaya mundur secara modular, menambahkan fasilitas kenyamanan sesuai anggaran. Langkah pertama adalah memeriksa properti yang Anda punya untuk fungsionalitas. Perhatikan lokasi matahari pada waktu yang berbeda di siang hari dan mengatur tata letak patio sesuai paparan sinar yang Anda inginkan.

Kebanyakan orang lebih memilih daerah dengan pemandangan indah air terjun, hutan, atau taman yang indah. Jaraknya dengan rumah utama adalah kekhawatiran lain. Apakah Anda ingin meminimalkan perjalanan panjang ke kamar kecil, lemari es, dan lainnya? Jika ruangan di luar rumah Anda memerlukan pasokan air, pipa gas, atau listrik, pertimbangkan bagaimana fungsi-fungsi tersebut akan mengikat ke dalam rumah. Lengkapi juga semua outlet outdoor dengan perangkat sakelar. Menciptakan ruang keluarga di dekat pohon atau sungai dapat menambah suasana pedesaan dan mengundang burung serta hewan kecil untuk bergaul dengan Anda dan tamu.

Selalu pertimbangkan ruang untuk ekspansi masa depan. Anda dapat memasang sebuah taman air atau kolam koi. Anda juga harus merencanakan lebih jauh agar ruangannya mencukupi. Pergola, gazebo, dan teralis adalah beberapa struktur menarik lain yang mungkin dipertimbangkan dalam desain Anda secara keseluruhan. Petakan rencana Anda pada kertas grafik untuk memastikan Anda memberikan ruang yang cukup untuk ekspansi. Anda akhirnya mungkin ingin menambahkan musik, kipas di langit-langit, pemanas inframerah, atau bahkan sebuah televisi layar datar.

Pada saat memikirkan apa saja fasilitas yang akan disertakan, mulailah mengerjakan pengaturan tempat duduk. Membangun tempat duduk sendiri dari kayu olahan, cedar, atau log dapat memberikan tampilan pedesaan. Juga, ada ratusan rancangan patioyang bisa dipilih, harganya bervariasi dari ratusan ribu hingga puluhan juta.

SUmber : www.property.okezone.com/memaksimalkan-ruang-terbuka

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar