Rabu, 27 Juni 2012

Pilih Kredit Multiguna atau Kredit Renovasi?



JAKARTA,Tak perlu pusing mencari pinjaman bila Anda hendak merenovasi rumah, karena berbagai bank telah menyediakan banyak pilihan kredit untuk renovasi. Dua pembiayaan dari bank yang bisa menjadi referensi adalah kredit renovasi dan kredit multiguna.

Kredit multiguna merupakan pinjaman dari bank yang dapat digunakan bergam keperluan, seperti biaya pendidikan, kesehatan, renovasi rumah bahkan untuk kebutuhan konsumtif seperti pembelian barang elektronik, mobil, pernikahan, dan traveling.


Plafon dana antarbank dalam pemberian kredit multiguna ini berbeda-beda, tapi rata-rata plafon dipatok berkisar Rp 2 juta – Rp 2 Milyar. Pada bank di daerah, plafon dana biasanya bisa lebih rendah dari kisaran tersebut. Sedangkan untuk persyaratan, setiap bank umumnya memberi aturan sama yakni peminjam harus Warga Negara Indonesia (WNI), berpengahsilan tetap dengan masa kerja minimal 2 tahun, usia minimal 21 tahun dan batas pelunasan kredit maksimal usia 55 tahun untuk karyawan dan 60 tahun untuk pengusaha atau pensiunan.


Masa pinjaman kredit multiguna biasanya tidak lama, hanya sekitar 1 – 10 tahun. Namun, ada pula bank dengan masa pinjaman hingga 20 tahun. Untuk bunganya, ada beragam variasi suku bunga antara 9 % - 12 %. Bunga ini diberlakukan oleh bank konvensional, berlaku tetap selama 6 bulan – 2 tahun, selanjutnya mengikuti suku bunga bank.


Dibandingkan dengan kredit renovasi, bunga kredit multiguna lebih tinggi bunganya yaitu terpaut 1 - 1,5 %. Plafon pinjaman dari KPR renovasi bisa lebih lebar sampai Rp 5 Milyar. Begitu pula dengan jangka waktu pengembalian pinjaman, umumnya KPR renovasi lebih panjang hingga 20 tahun.


Namun, kelebihan kredit multiguna ialah lebih fleksibel, dimana jaminannya tidak harus tanah dan bangunan. Anda bisa menjaminkan kendaraan dengan usia di bawah lima tahun. Selain itu, nilai agunan juga lebih besar 30 % dari nilai pinajman. Keuntungan lainnya, pencairan Kredit renovasi umumnya tidak diberikan penuh 100 % tetapi kredit multiguna akan dikeluarkan 100 % sesuai kebutuhan Anda.


Dengan melihat  paparan kredit renovasi dan kredit multiguna, kini pilihan ada di tangan Anda. Sebelum memilih, ada baikny Anda bersikap bijak dengan menilik kelebihan dan kekurangan keduanya.



Sumber : www.properti.kompas.com/Pilih.Kredit.Multiguna.atau.Kredit.Renovasi.

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar