Kamis, 28 Juni 2012

Ekspor Rumah Jadi Bali Lesu




Denpasar: Dampak resesi ekonomi dunia belum pulih seratus persen sejak beberapa tahun terakhir ini. Dampak yang ditimbulkan masih terasa hingga kini. Tengok saja realisasi ekspor rumah jadi rancangan gaya Bali yang agak melorot. Perolehan devisanya hanya 658 ribu dolar AS selama Januari-April 2012. Angka tersebut turun 46 persen dari periode sama 2011 mencapai 1,2 juta dolar.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Ekspor Disperindag Bali, Putu Bagiada di Denpasar, Bali, Kamis (28/6).

Ia menyebutkan periode empat bulan awal 2012 hanya mengapalkan sebanyak 205 unit. Padahal sebelumnya bisa mencapai 372 unit. Diharapkan periode akhir tahun menjelang perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013 akan lebih banyak lagi ke negeri konsumen.

Rumah jadi ini mudah dibongkar pasang setelah tiba di negeri konsumen. Perdagangan rumah ini biasa menurun pada awal tahun, namun semakin ramai menjelang tutup tahun. Perdagangan ini banyak dilakukan ke Hawaii, AS, Afrika Selatan, Panama dan Australia.

Bagiada mengatakan, selain untuk ekspor rumah jadi dengan berbagai tipe juga banyak diperdagangkan di dalam negeri, bahkan kepada pengusaha hotel setempat untuk melengkapi kawasan penginapan yang dimilikinya sebagai daya tarik turis.

"Realisasi perdagangan ekspor rumah jadi masih lesu, tetapi kayu kelapa untuk bahan bangunan ramah masih banyak dibeli masyarakat Bali," kata Made Suamba, petugas pemasaran sebuah usaha ekspor rumah jadi di Denpasar.

Ekspor rumah jadi gaya arsitektur Bali boleh lesu, namun tidak mengurangi volume perdagangan kayu kelapa dari Jawa, Sumatra dan Sulawesi untuk bahan bangunan dan aneka kerajinan ke Pulau Dewata.

Pengusaha di tempatnya bekerja banyak mendatangkan kayu kelapa dari Banyuwangi, Jawa Timur dan Sulawesi untuk memenuhi permintaan masyarakat yang semakin ramai membangun tempat ibadah maupun rumah tinggal.

Perusahaan yang memproduksi rumah jadi sejak tahun 2003, memang gencar melakukan pemasaran aneka jenis dan bentuk rumah gaya Bali ke mancanegara, termasuk kepada konsumen di Afrika Selatan dan kepulauan Fiji.

Usaha ekspor rumah jadi yang pertama di Bali ini memproduksi rekayasa dan pabrik rumah dalam skala besar, dengan memulai dengan gaya Bali yakni jenis villa, bungalow dan cottage yang cocok sebagai tempat istirahat.

Sumber : www.metrotvnews.com/Ekspor-Rumah-Jadi-Bali-Lesu

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar