Senin, 25 Juni 2012

Mendekor Apartemen

detail berita
(foto: myinteriordesign . com)
BANGUNAN apartemen identik dengan keterbatasan ruang. Bahkan, karena keterbatasan ini menjadikan setiap ruangan yang ada di dalamnya memiliki banyak fungsi.

Apartemen merupakan model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari satu bangunan. Rumah tinggal yang memiliki puluhan, bahkan ratusan lantai ini hanya memiliki beberapa bagian ruang,seperti ruang tamu, ruang tidur, dapur, dan kamar mandi.

"Bangunan yang mirip dengan rumah susun ini biasanya mempunyai area yang terbatas. Jadi, area seperti ini selalu menggabungkan beberapa fungsi ruang lain, seperti ruang tamu yang sekaligus menjadi ruang keluarga, ruang tidur dan ruang kerja," ungkap arsitek Haris Prabawa.

Memang menata ruang yang mungil seperti apartemen harus memakai trik tersendiri agar tidak menghilangkan kesan keindahan dan kenyamanannya. Biasanya di saat membuka pintu apartemen, Anda akan langsung memasuki area dapur atau ruang tamu.

Agar ruangan tetap berfungsi maksimal meskipun kondisinya terbatas, Anda dapat menyiasatinya dengan menerapkan dekorasi ataupun penggunaan furnitur yang tepat. "Hal yang harus ditegaskan dalam menata interior mungil adalah didesain secara ringan dan fleksibel. Terlebih bila ruangan yang digunakan memiliki banyak fungsi," ujar Haris.

Desainer interior Susan Octari Yawhan menambahkan, untuk furnitur, ada baiknya memilih yang bersifat multifungsi supaya bisa disesuaikan dengan keadaan ruangan. Selain itu, jangan lupa menempatkan storage untuk menyimpan barangbarang. Media penyimpanan ini sangat berguna agar tampilan ruangan terlihat lebih rapi dan tertata. Ada baiknya pula Anda memperhitungkan luas ruang yang tersedia sehingga ukuran antara ruangan dan furnitur bisa sesuai.

"Jangan sekali-kali menggunakan sofa berukuran besar atau yang memiliki banyak ukiran karena akan berdampak pada kesan ruangan. Lebih baik gunakan sofa bedyang memiliki dua atau tiga dudukan," saran Susan. Memang banyak keuntungan yang ditawarkan oleh sofa bed, salah satunya dapat dipanjangkan menjadi kasur saat Anda menonton televisi.

Bisa juga dengan menambahkan dua kursi kecil sebagai tambahan pemanis ruang tamu sekaligus ruang menonton Anda. Untuk area dapur apartemen, Anda bisa memilih coffee table yang sesuai dengan luas area dapur. Coffee table ini dapat dimanfaatkan sebagai media penyimpanan barang sekaligus pengisi ruangan. Anda pun bisa mengemas satu lemari besar yang menempel di dinding, berisi televisi serta peralatan elektronik seperti microwavedan pemanas air.

"Area dapur yang kecil dapat dihias menggunakan wallpaper dengan motif ringan dan berwarna lembut. Tujuan pemakaian motif ini sebenarnya untuk membantu pemilik apartemen mengistirahatkan pandangan matanya, mengingat keterbatasan lahan hijau sebagai penyegaran," kata Haris.

Setelah Anda selesai menata bagian interior apartemen, satu lagi aksesori yang tidak boleh dilupakan saat mendekorasi ruangan kecil, yaitu cermin. Anda boleh menggunakan cermin yang lebar dan ditempatkan pada satu bidang dinding sehingga bisa memberikan kesan lebih luas. Walaupun mungil, namun tidak ada salahnya bila Anda menambahkan keceriaan di dalam apartemen dengan memberikan sentuhan aksesori.

Sumber : www.property.okezone.com/mendekor-apartemen

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar